ANALISIS TINGKAT PENGARUH MARKETING PUBLIC RELATIONS TERHADAP BRAND AWARENESS KOMPAS PADA REMAJA USIA 15-19 TAHUN DI SURABAYA

SULISTYO NINGTYAS, 070810207 (2012) ANALISIS TINGKAT PENGARUH MARKETING PUBLIC RELATIONS TERHADAP BRAND AWARENESS KOMPAS PADA REMAJA USIA 15-19 TAHUN DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-ningtyassu-24245-abstract.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-ningtyassu-20608-fis.k.27-aFULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh marketing public relations terhadap brand awareness Kompas pada remaja usia 15-19 tahun di Surabaya. Media Kompas yang dinaungi oleh PT. Kompas Media Nusantara beberapa tahun terakhir (2007-2012) sedang menjalankan perluasan produk dan segmen usia target konsumennya. Perluasan produknya dilakukan melalui program 3 M yakni multiplatform dengan produk Harian Kompas, Multimedia dengan produk situs berita online www.kompas.com dan Multi channel dengan produk konten media televisi dengan nama Kompas TV. Sedangkan perluasan target konsumennya ditunjukkan dengan pendekatan pada remaja melalui pembentukan Komunitas Kompas Muda dan Kompas Kampus, dimana kegiatan oleh komunitas ini dapat dikategorikan sebagai kegiatan marketing public relations (MPR) perusahaan, yang bertujuan untuk mengkomunikasikan kredibilitas perusahaan dan membuat jaringan pertemanan dengan remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mendeskripsikan bagaimana tingkat pengaruh variabel X yakni marketing public relations tersebut terhadap variabel Y yakni brand awareness Kompas pada remaja usia 15-19 tahun di Surabaya. Untuk olahan data, peneliti menggunakan uji regresi dengan bantuan program komputer SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand awareness media Kompas menurut remaja usia 15-19 tahun di Surabaya tergolong pada kategori sedang, dengan rincian prosentase brand awareness masing-masing produk media dalam Kompas yaitu : Surat Kabar (Harian Kompas) sebesar 46,48%, Situs Berita Online (www.kompas.com) sebesar 33,92% dan Televisi (Kompas TV) sebanyak 30,99%. Sedangkan untuk marketing public relations yang diterapkan oleh Kompas yang sebagian besar berbasis pada kegiatan Komunitas Kompas Muda dan Kompas Kampus, pada remaja usia 15-19 tahun di Surabaya dapat memberikan kesadaran (awareness) terhadap merek Kompas, dengan tingkatan sedang, diantaranya : Publikasi (publication) sebesar 36,81%, acara spesial (event) dengan 33,74%, pemberian Sponsor (sponsorship) sebesar 7,9% dan media identitas sebanyak 21,53%. Hasil tingkatan “sedang” ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap awareness Kompas dari 4 tahun lalu, tepatnya sejak Kompas membuat alat dan wadah komunikasi dengan remaja berupa Komunitas Kompas Muda. Peningkatan diantaranya sebesar 22,6% berasal dari kegiatan MPR tersebut, dan sisanya dari faktor lain. Untuk itu perusahaan perlu meningkatkan kegiatan marketing public relations yang telah dilakukan serta diintegrasikan dengan tools promosi lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.27/12 Nin a
Uncontrolled Keywords: MARKETING ; PUBLIC RELATIONS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SULISTYO NINGTYAS, 070810207UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNurul Ratna Sari, S. IP.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 23 Jul 2012 12:00
Last Modified: 15 Sep 2016 03:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15435
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item