INOVASI PELAYANAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI(Studi Peningkatan Kualitas Pelayanan Surat Perjalanan Republik Indonesia Di Kantor Imigrasi Klas I Khusus Surabaya)

LADIATNO SAMSARA, 070810025 (2012) INOVASI PELAYANAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI(Studi Peningkatan Kualitas Pelayanan Surat Perjalanan Republik Indonesia Di Kantor Imigrasi Klas I Khusus Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-samsaralad-20856-7.abstr-k.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-samsaralad-20856-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Identitas diri merupakan persyaratan wajib yang harus dimiliki oleh setiap warga negara yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Kantor Imigrasi Klas I Khusus Surabaya merupakan instansi Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang berwenang dalam memberikan Surat Perjalanan ke luar negeri / paspor. Pelayanan pembuatan paspor setiap tahun mengalami kenaikan. Peningkatan permohonan ini diiringi dengan indeks kepuasan yang tinggi. Akan tetapi, dilain pihak masih terdapat keluhan dari masyarakat. Dari hal tersebut maka diperlukan inovasi untuk meningkatkn kualitas pelayanan ke masyarakat. Tujuan dari penelitin ini adalah mengetahui inovasi, penerapan inovasi serta faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan inovasi di Kantor Imigrasi Klas I Khusus Surabaya. Untuk mengetahui inovasi di Kantor Imigrasi Klas I Khusus Surabaya digunakan 5 atribut inovasi menurut Rogers, dimensi kualitas pelayanan menurut Zeinthaml dan Parasuraman, serta faktor pendukung Best Practice penerapan Electronic Goverment di Kabupaten Sragen oleh Wahid. Penelitian ini menggunakan Teori Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Inovasi Pelayanan dan Best Practice penerapan inovasi. Metode penelitian kualitatif, tipe penelitian eksplanatif, lokasi penelitian Kantor Imigrasi Klas I Khusus Surabaya. Informan yang diambil dalam penelitian ini adalah para staf dan pemohon paspor di Kantor Imigrasi Klas I Khusus Surabaya. Teknik penentuan informan menggunakan purposive, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi yang ada dan berjalan di Kantor Imigrasi Klas I Khusus Surabaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.25/12 Sam i
Uncontrolled Keywords: SERVICE INNOVATION
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
LADIATNO SAMSARA, 070810025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorGitadi Tegas, Drs.S., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 03 Sep 2012 12:00
Last Modified: 16 Sep 2016 04:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15461
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item