STRATEGI PEMERINTAH DAERAH DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN PANGAN BAGI MASYARAKAT DI KABUPATEN MOJOKERTO

FIRINA EKA DEWAYANTI, 070810035 (2012) STRATEGI PEMERINTAH DAERAH DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN PANGAN BAGI MASYARAKAT DI KABUPATEN MOJOKERTO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-dewayantif-20871-7.abstra-.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-dewayantif-20871-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik dalam jumlah/mutu, aman dan merata dan terjangkau. Ketahanan pangan bagi suatu daerah sangatlah penting. Mengingat pangan merupakan kebutuhan pokok dan merupakan suatu hak asasi manusia. Pangan dalam penelitian ini yaitu beras. Dengan tercukupinya kebutuhan pangan yang baik akan menghasilkan ketahanan pangan yang baik pula. Di Indonesia ketahanan pangan masih mengalami berbagai masalah. Mulai dari masalah persediaan pangan dan kemampuan daya masyarakat dalam menjangkau kebutuhan pangan. Di Jawa Timur masalah serupapun terjadi. Di Kabupaten Mojokerto ketahanan pangan dalam keadaan relatif baik dan aman. Hal ini dikarenakan pemerintah daerah Kabupaten Mojokerto berupaya mengatasi berbagai masalah dengan strategi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik penentuan informan secara purposive dan snowball. Data diperoleh dari wawancara mendalam dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan mengelompokkan serta mengkombinasikan data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi yang digunakan pemerintah daerah dalam mewujudkan ketahanan pangan terdiri dari tiga komponen, yaitu strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto dalam hal ketersediaan pangan, aksessibilitas pangan, kualitas dan kemanan pangan. Strategi dalam ketersediaan beras yaitu peningkatan produksi padi, menjaga produksi padi di lahan yang semakin sempit dengan cara intensifikasi dan ekstensifikasi, pembangunana dan pengembangan lumbung pangan, pembinaan dan penguatan cadangan pangan dan pengembangan usaha penggilingan padi. Sedangkan strategi pemerintah dalam aksessibilitas pangan adalah pemerintah daerah berusaha mendekatkan stok/ketersediaan pangan kepada masyarakatd an mendayagunakan segala potensi stok yang ada. Dan strategi pemerintah daerah dalam menjaga kualitas dan kemanan pangan adalah penggunaan bibit unggul dan dilaksanakan program sekolah lapang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.30/12 Dew s
Uncontrolled Keywords: FOOD SECURITY
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
FIRINA EKA DEWAYANTI, 070810035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEko Supeno, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 10 Sep 2012 12:00
Last Modified: 16 Sep 2016 05:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15464
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item