STUDI EKSPLANATIF PENGARUH TINGKAT KREATIVITAS PRODUKSI KERAJINAN SAMPAH TERHADAP TINGKAT KEBERDAYAAN EKONOMI KOMUNITAS PENGRAJIN SAMPAH DI JAMBANGAN SURABAYA

ANISA LAKSMI NUGRAHANINGTYAS, 070710444 (2012) STUDI EKSPLANATIF PENGARUH TINGKAT KREATIVITAS PRODUKSI KERAJINAN SAMPAH TERHADAP TINGKAT KEBERDAYAAN EKONOMI KOMUNITAS PENGRAJIN SAMPAH DI JAMBANGAN SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-nugrahanin-20884-11.abstr-i.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-nugrahanin-20884-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian apakah ada pengaruh antara tingkat kreativitas memproduksi kerajinan sampah terhadap keberdayaan ekonomi komunitas di kelurahan Jambangan. Penelitian ini mengambil lokasi di kelurahan Jambangan Surabaya. Yang melatarbelakangi permasalahan tersebut adalah keberhasilan pengolahan sampah secara mandiri oleh masyarakat kelurahan Jambangan. Seperti yang telah diketahui, manusia pasti menghasilkan sampah. Sampah merupakan permasalahan yang tidak bisa dipandang sebelah mata, karena sampah dapat memberikan dampak yang luas dalam pemecahan permasalahannya tidak ada rumusan yang pasti. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah warga di Kelurahan Jambangan Surabaya. keseluruhan responden adalah wanita, yaitu para kader lingkungan dan warga yang menjadi perajin kerajinan sampah. Penelitian ini mengambil sampel 30 responden dari keseluruhan jumlah populasi yang ada, dengan pertimbangan homogenitas populasi serta efisiensi waktu, tenaga dan biaya. Kuesioner dijadikan sebagai alat pengumpul data yang utama. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa regresi linier sederhana, yaitu suatu uji statistik yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dua variabel. Besarnya pengaruh yang diberikan variabel tingkat kreativitas komunitas produksi kerajinan sampah dengan variabel tingkat keberdayaan ekonomi komunitas produksi kerajinan sampah di Jambangan adalah sebesar 45,9%. Artinya bahwa variabel tingkat kreativitas komunitas produksi kerajinan sampah ternyata memberi pengaruh yang cukup kuat dalam terbentuknya tingkat keberdayaan ekonomi komunitas produksi kerajinan sampah di Jambangan. Implikasi praktis dari penelitian ini, diharapkan dapat memberi masukan pada para pembuat kebijakan agar apabila membuat kebijakan diawali dengan penyampaian aspirasi, permintaan atau dukungan dari masyarakat, sedangkan implikasi akademis penelitian ini dapat memberikan masukkan bagi perkembangan ilmu administrasi Negara terutama dalam kajian studi Manajemen Sumber Daya Masyarakat (MSDM) dengan cara mengoptimalkan peran sumber daya manusia agar dapat menjadi manusia yang berdaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.35/12 Nug s
Uncontrolled Keywords: CREATIVITY ; CRAFTS
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
ANISA LAKSMI NUGRAHANINGTYAS, 070710444UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSunaryo Suradi, Drs., M.PStUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 12 Sep 2012 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 06:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15468
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item