FAKTOR � FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN PERIJINAN DI BADAN PELAYANAN PERIJINAN TERPADU KABUPATEN SIDOARJO

NABILA ARDYANI, 070810149 (2012) FAKTOR � FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN PERIJINAN DI BADAN PELAYANAN PERIJINAN TERPADU KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-ardyaninab-20887-7.abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-ardyaninab-20887-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perijinan meupakan salah satu hal yang penting dalam memulai suatu usaha. Dengan kemudahan yang diberikan dalam pelayanan perijinan diharapkan mampu meningkatkan tingkat perekonomian. Adanya kemudahan dari pelayanan perijinan juga diharapkan mampu mendatangkan investasi, baik dari dalam dan luar negeri. Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo merupakan instasi milik pemerintah yang menyelenggarakan pelayanan di bidang perijinan. Bencana lumpur Lapindo merupakan yang terjadi pada tahun 2006 sempat memukul kondisi ekonomi dan iklim investasi di Kabupaten Sidoarjo. Tetapi sekarang investor mulai kembali melakukan investasi. Banyaknya investasi ini menunjukkan bahwa Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo selaku salah satu unsur yang berhubungan dengan keputusan investasi harus memiliki kualitas pelayanan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan bagaimana kualitas pelayanan perijinan di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo. Untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan perijinan di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo, digunakan 6 tahapanan proses pelayanan yaitu proses pelayanan informasi, proses pengambilan blangko, proses pengambilan nomor dan menunggu giliran, penyerahan dan pemrosesan berkas, proses pembayaran retribusi dan proses pengambilan SK. Serta 5 dimensi kualitas yaitu dimensi tangible, dimensi reliability, dimensi responsiveness, dimensi assurance dan dimensi empathy. Penelitian ini menggunakan teori pelayanan publik dan teori kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, tipe penelitian deskriptif, lokasi penelitian ini adalah Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo. Informan yang diambil dalam penelitian ini adalah para staf Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo sesuai bidangnya dan para pelanggan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo yang pernah menggunakan pelayanan perijinan. Teknik penentuan informan menggunakan purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyejian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perijinan di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo memiliki manajemen pelayanan yang baik dalam melayani pelanggan yang menggunakan jasa pelayanan perijinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.37/12 Ard f
Uncontrolled Keywords: SERVICE QUALITY
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
NABILA ARDYANI, 070810149UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 12 Sep 2012 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 07:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15470
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item