LITERASI INFORMASI PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI DI SURABAYA (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas UK.Petra, Ubaya, dan Narotama Surabaya)

RACHMAHATI VITAHANDARINI, 070417470 (2012) LITERASI INFORMASI PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI DI SURABAYA (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas UK.Petra, Ubaya, dan Narotama Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-vitahandar-23105-6.abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-vitahandar-23105-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Literasi informasi adalah seperangkat ketrampilan yang diperlukan untuk mencari, menelusur, menganalisa dan memanfaatkan informasi. Literasi informasi tidak terlepas jauh dengan teknologi informasi. salah satunya adalah Internet. Melihat pentingnya literasi informasi bagi semua pihak terutama mahasiswa, maka penelitian ini akan berusaha melihat bagaimana literasi informasi yang terjadi pada mahasiswa ilmu komputer khususnya di UK. Petra Surabaya, UBAYA dan Universitas Narotama Surabaya. Untuk mengetahui literasi informasi mahasiswa fakultas ilmu komputer di UK. Petra Surabaya, UBAYA dan Universitas Narotama Surabaya, penulis menggunakan metode ACRL (Association Of College & Research Libraries) yang terdiri dari: kemampuan menentukan jenis dan batas informasi yang dibutuhkan, kemampuan mengakses informasi yang diperlukan dengan efektif dan efisien, kemampuan mengevaluasi temuan dan sumber-sumbernya secara kritis, kemampuan menggunakan dan mengkomunikasikan informasi dengan efektif, dan kemampuan memahami isu ekonomi, hukum dan sosial seputar informasi secara legal dan etis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif yaitu jenis penelitian yang menggambarkan suatu fenomena atau kenyataan sosial dengan jalan mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkenaan dengan maslah dan unit yang diteliti. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling tepatnya simple random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak, agar semua individu mendapat kesempatan yang sama untuk dipilih. Perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin dan didapatkan sampel sebesar 100 responden, yang selanjutnya dibagi menjadi 34 mahasiswa dari Petra, 33 mahasiswa dari Ubaya, dan 33 mahasiswa dari Narotama. Data yang digunakan adalah data primer yaitu data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada anggota sampel. Hasil dari penelitian ini adalah, mahasiswa UK. Petra Surabaya mayoritas semua mahasiswanya mengerti akan kebutuhan informasi yang harus mereka dapatkan, ditunjang dengan fasilitas yang cukup memadai, mereka dapat mencari hingga mengelola informasi dengan sangat baik, karena itulah tingkat akreditasi mereka juga bagus. Mahasiswa UBAYA mereka juga sangat selektif dalam memilih pencarian informasinya sangat detil dalam melihat tahun terbit hingga isi dari sumber yang menjangkau di dalamnya. Mahasiswa Universitas Narotama ternyata masih memiliki tingkat literasi yang cukup rendah karena sebagai mahasiswa mereka tidak cukup kuat memiliki motivasi untuk mengembangkan ilmu yang mereka dapat, ditunjang dengan tidak adanya fasilitas yang cukup memadai dari Universitas yang dapat menunjang kegiatan mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP.09/12 Vit l
Uncontrolled Keywords: INFORMATION LITERACY
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
RACHMAHATI VITAHANDARINI, 070417470UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Gunarti, Dra.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 25 Sep 2012 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 11:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15480
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item