Sikap Siswa Terhadap Perpustakaan Sekolah RSBI (Studi Deskriptif Pada SMA Muhammadiyah 2 Surabaya)

MITA RAHMADHANI PUTRI, 070610064 (2012) Sikap Siswa Terhadap Perpustakaan Sekolah RSBI (Studi Deskriptif Pada SMA Muhammadiyah 2 Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-putrimitar-23123-7.abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-putrimitar-23123-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji sikap mahasiswa Muhammadiyah 2 Surabaya terhadap Perpustakaan Sekolah RSBI. Penelitian ini dilakukan karena peneliti ingin mengetahui tentang sikap siswa SMA Muhammadiyah 2 tentang perpustakaan sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan tipe penelitian deskriptif karena peneliti bermaksud untuk menggambarkan sikap siswa SMA RSBI terhadap perpustakaan sekolah, dengan tanpa melakukan pengujian hipotesis. Metode deskriptif dipilih ini bertujuan untuk melukiskan secara sistematis fakta atau karekteristik populasi tertentu atau bidang tertentu secara cermat. Sikap dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yaitu Komponen Kognitif (Pengetahuan), Komponen Afektif (Perasaan) dan Komponen Konatif (tindakan). Sikap siswa berkaitan dengan komponen kognitif dalam penelitian ini sebagian besar adalah positif, sikap positif yang ditunjukan pada aspek kognisi pada koleksi yang dimiliki oleh pihak perpustakaan adalah pengetahuan mengenai cara penelusuran ketika mencari buku yang diinginkan baik secara manual maupun melalui OPAC. Sikap positif yang ditunjukan pada aspek kognisi pada layanan yang diberikan oleh pihak perpustakaan antara lain mengetahui jadwal buka serta layanan peminjaman buku, sikap positif yang ditunjukan pada aspek kogntif pada fasilitas yang disediakan oleh pihak perpustakaan antara lain mengetahui kondisi perpustakaan yang bersih, Sikap siswa berdasarkan komponen afektif dalam penelitian ini adalah sebagian besar adalah sikap positif, Sikap positif yang ditunjukan pada aspek afeksi pada koleksi yang dimiliki oleh pihak perpustakaan adalah kesukaan terhadap tampilan penelusuran ketika mencari buku yang diinginkan, Sikap positif yang ditunjukan pada aspek afeksi pada layanan yang diberikan oleh pihak perpustakaan antara lain menyukai jadwal buka serta layanan peminjaman buku, dan sikap positif yang ditunjukan pada aspek afeksi pada fasilitas yang disediakan oleh pihak perpustakaan. Sikap siswa berdasarkan komponen konatif dalam penelitian ini sebagian besar adalah bersikap positif, Sikap positif yang ditunjukan pada aspek konasi pada koleksi yang dimiliki oleh pihak perpustakaan adalah keinginan untuk menggunakan cara penelusuran koleksi yang ada di perpustakaan sekolah, Sikap positif yang ditunjukan pada aspek konasi pada layanan yang diberikan oleh pihak perpustakaan antara lain keinginan untuk menggunakan jadwal buka perpustakaan, sikap positif yang ditunjukan pada aspek konasi pada fasilitas yang disediakan oleh pihak perpustakaan antara lain keinginan menggunakan kursi dan meja yang tersedia untuk membaca koleksi buku di perpustakaan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP.10/12 Put s
Uncontrolled Keywords: ATTITUDE ; STUDENT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB3602-3640 School life. Student manners and customs
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
MITA RAHMADHANI PUTRI, 070610064UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFITRI MUTIA, A.KS, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 25 Sep 2012 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 11:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15482
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item