PREFERENSI MASYARAKAT SURABAYA MEMBACA RUBRIK OLAHRAGA PADA SURAT KABAR JAWA POS (Studi pada Pembaca Rubrik Olahraga Jawa Pos di Surabaya Melalui Metode Item Selection dan Tracking Study)

GUSTI CANDRA REZA WIYATA, 070810652 (2013) PREFERENSI MASYARAKAT SURABAYA MEMBACA RUBRIK OLAHRAGA PADA SURAT KABAR JAWA POS (Studi pada Pembaca Rubrik Olahraga Jawa Pos di Surabaya Melalui Metode Item Selection dan Tracking Study). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-wiyatagust-24360-8.abstra-.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-wiyatagust-24360-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui preferensi masyarakat Surabaya dalam membaca rubrik olahraga Jawa Pos. Surat kabar Jawa Pos memiliki segmentasi olahraga yang cukup kuat, sedangkan dalam tema olahraga, perbedaan status sosial, perbedaan usia, dan perbedaan lainnya tidak terlalu berpengaruh. Namun, pembaca rubrik olahraga Jawa Pos di Surabaya memiliki kategori sosial yang berbeda-beda. Preferensi membaca tersebut merupakan perspektif individu dari perbedaan karakteristik demografis audience pembaca rubrik olahraga di Jawa Pos. Dalam penelitian ini audience ditempatkan sebagai individu yang aktif dalam pemakaian rubrik olahraga Jawa Pos sebagai media dan memiliki tujuan tertentu yaitu memenuhi kebutuhan untuk memuaskan diri mereka. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah uses and gratification, preferensi membaca, dan kategori sosial responden. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode survey dengan tipe deskriptif. Teknik pengolahan data pada penelitian menggunakan metode item selection dan tracking study, sehingga pengumpulan data yang dipergunakan adalah kuesioner dan lembar eksemplar rubrik olahraga yang telah dibaca responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembaca rubrik olahraga Jawa Pos di Surabaya. Sampel dalam penelitian ini ditentukan sejumlah 100 responden menggunakan metode penarikan sampel Multi Cluster Stage Random Sampling. Alasan penggunaan teknik ini disebabkan jumlah populasi tidak terdefinisi dan hanya terdapat data mengenai lokasi (tempat) penelitian, yaitu Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan, preferensi masyarakat surabaya terhadap rubrik olahraga Jawa Pos berdasarkan header halamannya adalah Sportainment, berdasarkan jenis olahraganya adalah Sepak bola, dan berdasarkan coverage area beritanya adalah berita Internasional. Responden membaca dengan cara yang sama untuk content berita olahraga berdasarkan header halaman, jenis olahraga, dan coverage area beritanya. Sebagian besar responden membaca hanya sebagian content dengan cara acak. Semua responden membaca content yang ada gambarnya, namun sebagian besar responden lebih mengutamakan teks berita daripada gambarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.08/13 Wiy p
Uncontrolled Keywords: NEWSPAPER
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
GUSTI CANDRA REZA WIYATA, 070810652UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDAndria Saptyasari, S.Sos., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 May 2013 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 08:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15603
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item