Strategi Public Relations dalam Mengembangkan Employee Relations di PT. Perkebunan Nusantara X (Persero) Surabaya

Muhammad Fariz Nirwansyah, 070710355 (2013) Strategi Public Relations dalam Mengembangkan Employee Relations di PT. Perkebunan Nusantara X (Persero) Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-nirwansyah-24366-9.abstra-.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-nirwansyah-24366-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi public relations dalam mengembangkan employee relations di sebuah perusahaan/organisasi yang dalam hal ini adalah PT. Perkebunan Nusantara X (Persero), dengan mengambil lokasi penelitian kantor direksi-nya yang terletak di Jalan Jembatan Merah nomor 3 – 5 Surabaya. Karyawan sebagai salah satu sumber daya bagi perusahaan, pada dasarnya mempunyai peranan penting bagi perusahaan. Misalnya dalam membangun citra perusahaan di mata masyarakat. Kegiatan sebuah perusahaan untuk memelihara hubungan, khususnya antara pihak atasan dengan para karyawannya merupakan fungsi dari public relations. Hubungan ini dalam rangka kepegawaian secara formal, karena pegawai adalah salah satu internal publik yang dijadikan salah satu sasaran dari kegiatan PR dalam usaha untuk mencapai tujuan organisasi. Mereka merupakan suatu potensi yang sangat berarti dalam organisasi yang dapat dikembangkan lebih baik dari sebelumnya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan oleh Public Relations dalam mengembangkan employee relations di PT. Perkebunan Nusantara X (Persero) Surabaya. Penelitian ini sendiri menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan informan penelitian, juga penggunaan bahan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa Public Relations di PT. Perkebunan Nusantara X (persero) menyadari pentingnya employee relations demi terwujudnya situasi yang kondusif antar bidang kerja yang ada maupun antar karyawan. Penanganan employee relations yang baik di perusahaan juga dianggap mampu meredam friksi yang dapat menimbulkan konflik. Dan pada akhirnya penanganan employee relations dengan benar, mampu menciptakan image perusahaan menjadi lebih positif. Dalam hal mengembangkan employee relations di PT. Perkebunan Nusantara X (Persero) Surabaya, adapun strategi yang dilakukan oleh Public Relations dalam mengembangkan employee relations meliputi: kegiatan komunikasi bermedia, seperti: majalah bulanan, surat tertulis, juga media sosial serta kegiatan-kegiatan komunikasi yang dilakukan dalam setting tatap muka dengan melibatkan banyak karyawan, seperti: regular meeting, coffee morning, seminar dan training, serta kegiatan khusus seperti outbound, olah raga, dan rekreasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.12/13 Nir s
Uncontrolled Keywords: PUBLIC RELATIONS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB2870 Civil service. Employees of state, communal agencies, and religious corporations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Fariz Nirwansyah, 070710355UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDina Septiani, M.Comms.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 May 2013 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 10:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15607
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item