PENGGUNAAN INTERNET PADA ANAK-ANAK Studi Deskriptif tentang Penggunaan Internet pada Anak - Anak Sekolah Usia 6-12 Tahun di Kota Surabaya

Puspita Adiyani Candra, 2009 (2013) PENGGUNAAN INTERNET PADA ANAK-ANAK Studi Deskriptif tentang Penggunaan Internet pada Anak - Anak Sekolah Usia 6-12 Tahun di Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (262kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berusaha mendeskripsikan penggunaan internet pada anak-anak sekolah usia 6-12 tahun di kota Surabaya. Signifikasi dari penelitian ini karena seiring bertumbuhnya masyarakat informasi, rentang usia pengguna internet pun semakin luas, meliputi anak-anak. Dampak internet terhadap anak-anak menjadi perdebatan antara baik dan buruk. Namun faktor determinan dampaknya ada pada penggunaannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan tipepenelitian deskriptif karena peneliti bermaksud menggeneralisir data beserta analisisnya. Teori yang digunakan adalah teori internet use, didukung dengan teori anak-anak sebagai khalayak aktif. Metode yang digunakan adalah metode survei yang respondennya didapatkan dengan sistem multistage random sampling. Peneliti menemukan beberapa fakta untuk menjadi kesimpulannya. Anak-anak pengguna internet semakin muda, kisaran usia 6-8 tahun bahkan ada yang sejak 3 tahun. Pendorong berinternet berasal dari keluarga dan mereka pun kebanyakan mengakses di rumah dibanding di sekolah dan area publik informal. Tipe penggunaan anak-anak dalam penelitian ini mempunyai perbadingan heavy user, medium user dan light user adalah 1:3:7. Aktivitas online yang paling banyak mereka gunakan adalah aktivitas online yang tergolong dalam interactive play media dan information search media. Lewat internet, mereka tidak dapat dipisahkan dari game, punya konsumerisme gaya baru, dan aktivitas fandomnya meningkat. Ketika mengakses internet di rumah, kebanyakan mereka mengakses sendiri di kamar. Ini menimbulkan bedroom culture, dengan mengakses individualis dan enggan bertanya. Di sekolah lebih banyak bersama temannya, sedangkan di area publik informal berinternet bersama saudara. Didapati juga digital divide dan kekhasan gender pada penggunaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.27 13 Can p
Uncontrolled Keywords: INTERNET ; CHILDHOOD
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Puspita Adiyani Candra, 2009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAndria Saptyasari, S.Sos., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 23 May 2013 12:00
Last Modified: 27 Jul 2016 07:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15624
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item