SEMIOTIKA ARSITEKTUR MALL

YUNITA AYU IRWANTI, 070810656 (2013) SEMIOTIKA ARSITEKTUR MALL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15642.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini fokus pada makna arsitektur mall, bagaimana kode teknis, sintaksis, dan semiotik arsitektur membentuk makna, serta mengartikulasikan hedonisme melalui kode-kode arsitektur tersebut. Ruang lingkup arsitektur dalam penelitian ini adalah “ruang” dan “bangunan”. Dalam penelitian ini, ruang yang dimaksud adalah ruang buatan yang merupakan bangunan, yaitu interior mall. Sebagai ilmu yang mempelajari tanda, salah satu ranah semiotik adalah bagaimana komunikasi nonverbal, termasuk arsitektur, merefleksikan dan memberikan implikasi terhadap kebudayaan. Selain menjadi pusat komersial, mall kemudian juga sebagai social setting, di mana orang-orang di dalamnya juga berperan sebagai “pemeran” dalam “dunia mimpi”, yang menggambarkan kemewahan dan tempat yang mengundang hasrat dan nostalgia. Komoditas di masa late capitalism ini memiliki kemampuan untuk menimbukan imajinasi dan asosiasi simbolis yang menutupi fungsi awal objekobjek tersebut (use value), dan karenanya menjadi fungsi komoditas-tanda (commodity-signs). Intensitas konsumsi komoditas dan tanda, citra, dan gambar yang bersifat imajiner, yang kemudian membentuk hyperreality, yang kemudian meleburkan hal-hal realitas dan imajinasi. Empat tinjauan pustaka yang digunakan adalah semiotika arsitektur yang dikemukakan Umberto Eco; aktivitas konsumsi tanda di mall; komodifikasi dan hedonisme dalam arsitektur mall; serta arsitektur sebagai frame, tipe tempat primitif, serta konsep “kuil” dan “pondok” elemen arsitektur. Berdasarkan analisis kode teknis, sintaksis, dan semiotik, hedonisme pada arsitektur diartikulasikan melalui nuansa ruang yang tercipta dari elemen dasar dan elemen modifikasi arsitektur. Dan dalam mengartikulasikan hedonisme dalam aktivitas konsumsi tanda, kode arsitektur saling terintegrasi dengan iklan dan brand name di media massa lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.46/13 Irw s
Uncontrolled Keywords: ARCHITECTURE ; MALL ; HEDONISM
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
YUNITA AYU IRWANTI, 070810656UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKandi Aryani Suwito, S.Sos., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 20 Jun 2013 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 20:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15642
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item