INTERAKSI STAKEHOLDER DALAM PERUMUSAN KEBIJAKAN PARKIR BERLANGGANAN DI KABUPATEN SIDOARJO: Studi tentang Perumusan Perda Nomor 2 Tahun 2012 yang Mengatur tentang Parkir Berlangganan di Kabupaten Sidoarjo

AHMAD MURSYID JUHANSYAH, 070810504 (2012) INTERAKSI STAKEHOLDER DALAM PERUMUSAN KEBIJAKAN PARKIR BERLANGGANAN DI KABUPATEN SIDOARJO: Studi tentang Perumusan Perda Nomor 2 Tahun 2012 yang Mengatur tentang Parkir Berlangganan di Kabupaten Sidoarjo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-juhansyaha-21977-6.abstr-k.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perumusan kebijakan merupakan salah satu tahap dalam kebijakan publik. Perumusan kebijakan merupakan hal terpenting dari kebijakan publik karena dalam proses perumusan kebijakan terdapat interaksi antar stakeholder. Masingmasing stakeholder tersebut memiliki kepentingan yang diperjuangkan dengan pada akhirnya terdapat pihak yang menang dan pihak yang kalah. Parkir berlangganan di Sidoarjo telah dilaksanakan secara optimal sejak tahun 2009 dan kemudian pada akhir tahun 2011 Pemkab Sidoarjo bersama dengan DPRD Sidoarjo merumuskan kembali kebijakan parkir berlangganan dalam Perda Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Parkir di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data yang diperoleh berdasarkan hasil wawancara dan data sekunder yang didapatkan pada saat penelitian dengan stakeholder dalam perumusan kebijakan parkir berlangganan dan hasil wawancara tersebut diolah dan dianalisis kemudian ditarik kesimpulan guna menjawab pertanyaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang perumusan kebijakan parkir berlangganan di Sidoarjo ini menunjukkan beberapa temuan data, pertama adalah latar belakang perumusan kebijakan parkir berlangganan di Sidoarjo ini merupakan inisiatif dari eksekutif dengan mempertimbangkan aspek ekonomi dalam hal ini sebagai peningkatan PAD dengan mengabaikan tuntutan masyarakat sehingga perumusan kebijakan parkir berlangganan ini bersifat elitis, yang mana tingkat kepuasan masyarakat rendah. Temuan data yang kedua bahwa parkir berlangganan memberikan sumbangan PAD yang besar bagi Kabupaten Sidoarjo akan tetapi masyarakat, juru parkir serta pengusaha parkir di kawasan Sidoarjo merasa dirugikan dengan telah diundangkannya Perda Nomor 2 Tahun 2012 yang mengatur ketentuan tentang parkir berlangganan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2.FIS.P. 49/12 Juh i
Uncontrolled Keywords: STOCKHOLDERS
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
AHMAD MURSYID JUHANSYAH, 070810504UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBudi Prasetyo, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 26 Dec 2012 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 06:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15655
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item