MAKNA KEBERKAHAN BAGI PEKERJA DI SEKTOR NON-HALAL DAN PEMENUHAN KESEJAHTERAAN HIDUP DITINJAU DARI PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH (STUDI KASUS PEKERJA SEKS KOMERSIAL DI KOTA SIDOARJO)

TAHTA RADIKSYA PUTRA, 040810243 (2013) MAKNA KEBERKAHAN BAGI PEKERJA DI SEKTOR NON-HALAL DAN PEMENUHAN KESEJAHTERAAN HIDUP DITINJAU DARI PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH (STUDI KASUS PEKERJA SEKS KOMERSIAL DI KOTA SIDOARJO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-putratahta-28108-7.abstr-k.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15660.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana makna keberkahan bagi pekerja di sektor non-halal dan pemenuhan kesejahteraan hidup pekerja di sektor non halal yang ditinjau dari perspektif maqashid syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus eksplanatori. Strategi studi kasus merupakan suatu penelitian kualitatif yang berusaha menemukan makna, menyelidiki proses, dan memperoleh pengertian dan pemahaman yang mendalam dari individu, kelompok, atau situasi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dimana informan dalam penelitian ini yaitu seorang pekerja di sektor non-halal. Selain itu, wawancara juga dilakukan dengan beberapa informan lain sebagai proses teknik triangulasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu seorang PSK, sedangkan objek penelitian ini yaitu makna keberkahan dan kesejahteraan. Hasil yang diperoleh adalah bahwa makna keberkahan dari pekerja di sektor non halal dalam hal ini seorang PSK, yaitu rasa senang, memiliki uang banyak, dan dapat hidup berfoya-foya. Pekerjaan sebagai PSK tidak dapat memenuhi kesejahteraan hidupnya yang ditinjau dari perspektif maqashid syariah pada tingkat dharuriyyah yang meliputi perlindungan agama (dien), jiwa (nafs), akal (aql), harta (mal) serta keturunan (nasl).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB. EI. 71/13 Put m
Uncontrolled Keywords: WELFARE ECONOMICS
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
TAHTA RADIKSYA PUTRA, 040810243UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDina Fitrisia Septiarini, SE., MM., AKUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 12 Nov 2013 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 21:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15660
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item