GAMBARAN MASYARAKAT KELAS SOSIAL BAWAH PADA VIDEO KLIP GRUP BAND D'BAGINDAS YANG BERJUDUL C.I.N.T.A, EMPAT MATA, DAN APA YANG TERJADI

NOVI SELIYANA, 070915066 (2013) GAMBARAN MASYARAKAT KELAS SOSIAL BAWAH PADA VIDEO KLIP GRUP BAND D'BAGINDAS YANG BERJUDUL C.I.N.T.A, EMPAT MATA, DAN APA YANG TERJADI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-seliyanano-28340-6.abstr-k.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis.K. 60-13 Sel g.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul Gambaran Masyarakat Kelas Sosial Bawah pada Video Klip Grup Band D’Bagindas yang berjudul C.I.N.T.A, Empat Mata, dan Apa yang Terjadi ini secara keseluruhan akan membahas bagaimana video klip menggambarkan masyarakat kelas sosial bawah pada video klip grup band D’Bagindas tersebut. Topik ini unik dan menarik untuk diteliti karena adanya marginalisasi yang dialami oleh masyarakat kelas sosial bawah baik itu dalam realitas maupun penggambaran di media massa. Penggunaan video klip grup band D’Bagindas dilakukan peneliti dengan alasan bahwa adanya kesamaan penggunaan masyarakat kelas sosial bawah pada ketiga video klip tersebut. Peneliti tertarik untuk menggunakan video klip grup band D’Bagindas karena D’Bagindas merupakan grup band pop melayu yang lagu-lagunya didominasi oleh tema cinta pada masyarakat kelas sosial bawah. Lain halnya dengan grup band pop melayu lainnya seperti Wali yang lebih mengusung tema religi. Pada skripsi ini, peneliti menggunakan tinjauan pustaka mengenai kelas sosial di media, pembagian kelas sosial, representasi dan konstruksi sosial dalam video klip, serta studi semiotika, musik dan identitas. Selain itu, peneliti menggunakan metode semiotika Fiske. Di mana dalam metode ini terdapat tiga level analisis yaitu, level realitas, level representasi, dan level ideologi. Dari analisis yang telah dilakukan, peneliti mendapati bahwa tokoh pria kelas sosial bawah digambarkan mengalami marginalisasi dalam hubungan romantis. Selain itu, masyarakat kelas sosial bawah juga digambarkan dengan marginalisasi ekonomi dan gambaran interaksi yang kolektif serta dekat dengan kesederhanaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K. 60/13 Sel g
Uncontrolled Keywords: SOCIAL CLASSES IN MOTION PICTURE
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT601-1445 Classes > HT621-635 Origin of social classes
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
NOVI SELIYANA, 070915066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYuyun Wahyu Izzati Surya, S.Sos., MAUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 22 Nov 2013 12:00
Last Modified: 30 Aug 2016 06:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15664
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item