ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KOMPAS.COM DAN VIVANEWS.COM PADA PERISTIWA RUNTUHNYA TEROWONGAN TAMBANG PT FREEPORT INDONESIA

DEWI PRAWITASARI, 07091505 (2013) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KOMPAS.COM DAN VIVANEWS.COM PADA PERISTIWA RUNTUHNYA TEROWONGAN TAMBANG PT FREEPORT INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-prawitasar-28448-6.abstr-.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15673.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada framing pemberitaan mengenai peristiwa runtuhnya terowongan PT Freeport Indonesia (PTFI) pada media online KOMPAS.com dan Vivanews.com. Analisis dilakukan pada artikel di kedua media online yang diposting saat awal peristiwa yakni 14 Mei 2013, hingga berakhirnya proses evakuasi korban pada peristiwa tersebut pada tanggal 22 Mei 2013. Fakta yang ditemukan peneliti bahwa kepemilikan 9,36% saham PTFI oleh PT Indocopper yang merupakan bagian dari Bakrie Group yang juga pemilik Vivanews.com (Hasan, R 2009, hal.141) dan KOMPAS.com yang tidak memiliki sejarah kepentingan dalam PTFI. Hal tersebut membuat penelitian ini menarik untuk diteliti karena menurut Eriyanto (2002, hal.31) perspektif atau cara pandang yang digunakan oleh wartawan ketika menyeleksi isu dan menulis berita itu pada akhirnya menentukan fakta apa yang diambil, bagian mana yang ditonjolkan dan dihilangkan, dan hendak dibawa kemana berita. Sehingga kepemilikan dan kepentingan media dalam pembuatan sebuah berita oleh institusi berita akan membawa khalayak dalam arahan konstruksi tertentu yang dibangun oleh masing-masing media online tersebut. Penelitian ini menggunakan metode framing Pan & Kosicki untuk menganalisis pemberitaan peristiwa runtuhnya terowongan tambang PTFI. Metode ini dipilih karena unsur framing menekankan pembentukan pesan pada teks (Eriyanto 2002, hal.3) Hasil penelitian yang ditemukan dalam analisis ini adanya kecenderungan KOMPAS.com yang memojokkan PTFI dalam mengkonstruksi beritanya, sedangkan Vivanews.com secara jelas memperlihatkan dukungannya kepada PTFI dalam peristiwa runtuhnya terowongan tambang Freeport.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K. 71/13 Pra a
Uncontrolled Keywords: ONLINE MEDIA
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DEWI PRAWITASARI, 07091505UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorIGAK Satrya Wibawa, S.Sos., MCAUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 27 Nov 2013 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 21:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15673
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item