STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK PADA ROMANTIC RELATIONSHIPS

KARTIKA CHANDRA HAPSARI, 070915080 (2013) STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK PADA ROMANTIC RELATIONSHIPS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-hapsarikar-28455-6.abstr-k.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis.K. 76-13 Hap s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai “Strategi Manajemen Konflik Pada Romantic Relationship“, yang lebih memfokuskan pada hubungan romantic relationships yang dijalani oleh remaja dan dewasa. Penelitian ini dilakukan di Surabaya dengan subyek penelitian penduduk Surabaya yang berusia 13-30 tahun. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, peneliti ingin melihat conflict style dan conflict management strategies yang biasa dipilih oleh remaja dan dewasa saat terjadi sebuah konflik dalam romantic relationships yang mereka jalani. Peneliti menggunakan teori conflict style milik Guerrero yang membagi konflik kedalam enam jenis, yaitu : competitive fighting, compromising, collaborating, indirect fighting, avoiding dan yielding. Selain itu, peneliti juga menggunakan teori conflict management strategies milik DeVito yang memaparkan beberapa strategi yang dapat dipilih untuk menyelesaikan sebuah konflik, antara lain : Win-Lose and Win-Win Strategies, Avoidance and Active Fighting Strategies, Force and Talk Strategies, Face Detracting and Face Enhacing Strategies, Verbal Aggerssiveness dan Argumentativeness Strategies. Hasil dari penelitian ini adalah orang dewasa cenderung mengalami jenis conflict style yang murni bersifat direct dan cooperative, sedangkan pada remaja conflict style yang muncul cenderung bersifat indirect dan uncooperative, atau bisa jadi merupakan perpaduan antara indirect dengan cooperative dan direct dengan uncooperative. Sedangkan untuk conflict management strategies remaja cenderung untuk menggunakan jenis yang bersifat unproductive jika dibandingkan dengan dewasa, sementara itu untuk dewasa lebih cenderung untuk melakukan jenis conflict management strategies yang bersifat productive.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K. 76/13 Hap s
Uncontrolled Keywords: CONFLIC MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ801-801.83 Man-woman relationships. Courtship. Dating
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
KARTIKA CHANDRA HAPSARI, 070915080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndria Saptyasari, S.sos., MAUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 27 Nov 2013 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 01:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15678
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item