INTERPRETASI REMAJA TERHADAP ROMANTISME DALAM SERIAL DRAMA KOREA

MUTIARA RATNA AYU, 070915074 (2013) INTERPRETASI REMAJA TERHADAP ROMANTISME DALAM SERIAL DRAMA KOREA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-ayumutiara-28457-5.abstr-k.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis.K. 78-13 Ayu i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengenai interpretasi remaja Surabaya terhadap romantisme yang ditampilkan dalam serial drama Korea. Penelitian ini menarik untuk dilakukan karena sebagian besar penggemar drama Korea menyaksikan drama Korea karena romantisme yang ditampilkan. Selain itu terdapat tiga judul serial mendapatkan share besar dan ditayangkan ulang di stasiun televisi swasta Indosiar antara lain, Boys Before Flowers (BBF), Full House, dan Playful Kiss. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah interpretasi remaja mengenai romantisme dalam serial drama Korea (BBF, Full House, dan Playful Kiss). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode reception analysis dengan teknik pengumpulan data Focus Group Discussion (FGD). FGD diikuti oleh 8 informan yang berasal dari latar belakang yang berbeda. Informan yang dipilih adalah informan dengan usia remaja tengah (15-18 tahun) dan remaja akhir (18-21 tahun). Remaja tengah dan akhir merupakan usia remaja yang sudah memiliki interaksi lebih dengan lawan jenis, sehingga bisa menginterpretasi tentang romantisme. Dari analisis yang dilakukan peneliti, ditemukan perbedaan interpretasi informan mengenai definisi romantis, bentuk, simbol, penokohan dan setting romantisme. Dalam proses decoding, para informan berada di posisi yang sama maupun berbeda, yaitu dominant-hegemonic, negotiated dan oppositional. Informan perempuan dan yang berusia remaja pertengahan (SMP, SMA, dan kuliah tingkat awal) cenderung berada di posisi dominant-hegemonic, sedangkan informan perempuan dan laki-laki yang berusia remaja akhir (kuliah tingkat akhir) cenderung di posisi negotiated bahkan oppositional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K. 78/13 Ayu i
Uncontrolled Keywords: ROMANTICISM; DRAMA-KOREA
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600-3307 Drama
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
MUTIARA RATNA AYU, 070915074UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYuyun W. I. Surya, S.sos.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 27 Nov 2013 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 01:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15680
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item