BENTUK-BENTUK STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RASA SAYANG "BLUEFISH" DI SURABAYA

REZA SANDO PERMANA, 070810671 (2013) BENTUK-BENTUK STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RASA SAYANG "BLUEFISH" DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-permanarez-28471-6.abstr-k.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis.K. 88-13 Per b.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk – bentuk strategi komunikasi pemasaran suatu perusahaan. Dalam sebuah perusahaan komunikasi pemasaran merupakan suatu hal yang penting karena bertujuan untuk mengkomunikasikan produk perusahaan baik yang bersifat barang maupun jasa. Komunikasi pemasaran juga merupakan aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran. Berdasarakan hal tersebut maka peneliti ingin meneliti bentuk – bentuk strategi komunikasi pemasaran BlueFish yang bergerak di bidang industry hiburan. Komunikasi pemasaran, integrated marketing communication, promotional tools, serta relationship marketing digunakan oleh peneliti untuk mengetahui bentuk - bentuk strtaegi komunikasi pemasaran BlueFish. Dalam mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk - bentuk strategi komunikasi pemasaran BlueFish, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian deskriptif. Obyek penelitian ini adalah BlueFish dengan subyek penelitian yaitu informan yang merupakan manajer dari BlueFish. Pemilik BlueFish ini dipilih sebagai subyek penelitian karena pemilik BlueFish yang mengurusi seluruh komunikasi pemasaran BlueFish serta sebagai pembuat keputusan dalam setiap strategi komunikasi pemasaran BlueFish. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara secara mendalam atau in-depth interview dengan unit analisis data berupa narasi wawancara dari para informan dan dokumen. Hasil dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa BlueFish telah melakukan kegiatan komunikasi pemasaran yaitu advetaising, direct marketing, interactive marketing, sales promotion, event sponsorship, dan personal selling serta memasukkan relationship marketing ke dalam strategi komunikasi pemasaran. Dengan adanya relationship marketing ―BlueFish‖ dapat melakukan kegiatan promosi dengan biaya yang rendah. Salah satu program dari relationship marketing yaitu pembentukan komunitas menjadi aspek penting dalam berjalannya kegiatan komunikasi pemasaran dengan biaya yang rendah namun mencapai hasil yang maksimal. Peneliti juga menemukan word of mouth sebagai salah satu promotional tools.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K. 88/13 Per b
Uncontrolled Keywords: STRATEGIC PLANNING; COMMUNICATION IN MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
REZA SANDO PERMANA, 070810671UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYan Yan Cahyana, Drs. ,MA.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 28 Nov 2013 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 03:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15687
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item