MOTIVASI KUNJUNGAN PADA PERPUSTAKAAN UMUM ( Studi Deskriptif Mengenai Motivasi Kunjungan pada Perpustakaan Umum Kota Trenggalek)

DEVY FRANSISCA, 070916091 (2013) MOTIVASI KUNJUNGAN PADA PERPUSTAKAAN UMUM ( Studi Deskriptif Mengenai Motivasi Kunjungan pada Perpustakaan Umum Kota Trenggalek). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-fransiscad-28531-6.abstr-k.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (FULL TRXT)
Fis.IIP. 70-13 Fra m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan umum memberikan informasi kepada semua lapisan masyarakat yang membutuhkannya, sehingga semua anggota masyarakat, khususnya yang berada di daerah sekitar perpustakaan umum, dapat memperoleh akses informasi dari perpustakaan. Keberadaan perpustakaan umum sebenarnya sangat diperlukan pada suatu daerah, seperti halnya pada perpustakaan umum kota Trenggalek juga menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan adanya perpustakaan maka akan menarik masyarakat untuk berkunjung. Kunjungan pengguna juga memiliki berbagai alasan seperti mencari informasi bahkan ada yang ingin sekedar bersantai. Oleh sebab itu pengunjung yang datang pada perpustakaan memiliki motivasi tersendiri untuk berkunjung ke perpustakaan. Motivasi adalah dorongan yang ada pada diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan. Untuk melihat motivasi yang dimiliki oleh pengguna perpustakaan umum kota Trenggalek maka digunakan teori motivasi dari Herzberg yaitu teori motivasi yang biasa dikenal dengan Two Factor Motivation. Dengan menggambarkan motivasi berdasarkan teori Herzberg maka hasil yang didapat adalah adanya faktor internal dan eksternal pada pengguna, yang dimana faktor internal pengguna adalah untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Sedangkan untuk faktor eksternal pengguna adalah untuk menikmati fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP. 70/13 Fra m
Uncontrolled Keywords: MOTIVATION; PUBLIC LIBRARIES
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
DEVY FRANSISCA, 070916091UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHelmy Prasetyo Yuwinanto, S.Sos.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 02 Dec 2013 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 06:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15697
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item