PERMAINAN DI DALAM GAME ONLINE (Studi tentang pemaknaan permainan dalam game online Modoo di kalangan siswa SMA di Surabaya)

JOSAFAT FAJAR SUKOLAKSONO, 070810637 (2013) PERMAINAN DI DALAM GAME ONLINE (Studi tentang pemaknaan permainan dalam game online Modoo di kalangan siswa SMA di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-sukolakson-28570-6.abstr-k.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis.S. 58-13 Suk p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perjudian online di kalangan gamer di Surabaya bukan menjadi suatu fenomena yang baru lagi di mata kita. Tetapi selama ini yang melatar belakangi gamer berjudi di dalam game online selalu dengan permasalahan ekonomi. Maka permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini yaitu mengenai makna perjudian online di kalangan gamer Surabaya dan Labeling lingkungan sosial terhadap profesi yang dijalaninya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mencoba memberikan interpretative mendalam tentang makna dan pemikiran gamer game online di kalangan gamer online Surabaya. yang sesuai dengan data yang diperoleh di lapangan yang akan dianalisis secara kualitatif. Pendekatan kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan perspektif Konstruksi Sosial yang memahami makna dan perilaku manusia yang subyektif dan interpretative. Penelitian ini mengambil lokasi di Surabaya dengan subyek penelitian adalah para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Data diperoleh dengan melakukan pengamatan dan wawancara mendalam dengan subyek penelitian yang dipilih secara purposive. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori Konstruksi Sosial sebagai teori pokok. Menurut Peter L. Berger mengemukakan bahwa Konstruksi Sosial bertumpu pada tiga Proses, yaitu (1) Eksternalisasi merupakan proses dimana semua manusia yang mengalami sosialisasi yang tidak sempurna itu secara bersama-sama membentuk realitas yang baru, (2) objektivikasi merancang suatu proses dimana dunia sosial akan menjadi suatu realitas yang mampu menghambat dan juga membentuk para partisipannya, (3) internalisasi yang merupakan proses sosialisasi awal yang di alami individu di masa kecil, disaat dimana dia di perkenalkan pada dunia sosial objecktif. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa makna Perjudian online di kalangan siswa SMA adalah sebagai suatu Kesenangan pribadi. Uang bukan lagi menjadi hal utama dalam perjudian. Kedua, Perjudian bermakna sebagai suatu kepuasan pelampiasan. Ketiga, bagi kalangan siswa SMA perjudian online bermakna sebagai kepuasan perhatian yang diperoleh dari game online. Labeling yang muncul terhadap lingkungan sosialnya dengan profesi yang dijalaninya, masih mendapatkan cap buruk dalam lingkungan sosialnya khususnya di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S. 58/13 Suk p
Uncontrolled Keywords: COMPUTER GAME
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems Including sexual problems, drug abuse,suicide, child abuse
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
JOSAFAT FAJAR SUKOLAKSONO, 070810637UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHERWANTO, Drs. H. , MA.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 04 Dec 2013 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 03:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15708
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item