STUDI DESKRIPTIF TENTANG BENTUK PERLAWANAN KOMUNITAS SKINHEAD DI SURABAYA

ZAINUL SUBCHAN, 070810627 (2013) STUDI DESKRIPTIF TENTANG BENTUK PERLAWANAN KOMUNITAS SKINHEAD DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-subchanzai-28625-6.abstr-k.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis.S. 63-13 Sub s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ilmu-ilmu sosial mempengaruhi dinamika sosial suatu masyarakat. Ilmu sosial modern mendorong munculnya kebijakan-kebijakan pemerintah yang kapitalis di Inggris, mengakibatkan semakin kolektifnya identitas kelas pekerja dan memunculkan kaum Skinhead yang memiliki ideologi counter culture terhadap pemerintah Inggris dan kapitalisme. Melalui globalisasi, kultus Skinhead masuk ke Indonesia dan lalu ke Surabaya, namun komunitas Skinhead di Indonesia hanya sebatas sebagai bagian dari musik Independent dengan spirit DIY nya. Semangat yang menolak adanya sistem serta pakem-pakem yang berhubungan tentang industri kapitalis terutama di dunia musik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Ideologi komunitas Skinhead di Surabaya. Elaborasi dari kedua terotisi, yaitu konstruksi sosial Berger dan analisa kritis Habermas diperlukan sebagai pisau analisa. Maka peneliti menggunakan metodologi kualitatif yang berparadigma interpretatif sehingga menghasilkan temuan data yang bersifat deskriptif dari konstruksi para informan. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan yang bersifat abstrak dimana komunitas tersebut dalam ideologinya jelas-jelas menentang industri kapitalis tetapi disisi lain mereka juga sebenarnya berada dalam suatu sistem kapitalis (bekerja). Dalam tataran objektifasi, Skinhead membentuk subkultur yang jelas-jelas mengkritik kultur Punk melalui internalisasi pengetahuan ideologi baru. Ideologi Skinhead mereduksi counter culture anti kemapanan Punk dan menganggap kapitalisme bukan untuk dilawan melainkan sebagai batu pijakan menuju kemapanan. Saat masuk ke dalam sistem kapitalisme itulah kemudian membuat mereka mengalami hiatus. Hal yang juga terjadi pada komunitas Skinhead Surabaya di saat kebanyakan mereka sudah bekerja, merupakan eksternalisasi yang objektif. Skinhead menerima standarisasi-standarisasi industri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S. 63-13 Sub s
Uncontrolled Keywords: IDEOLOGY; SKINHEADS
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
ZAINUL SUBCHAN, 070810627UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerwanto, Drs. , MA.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 09 Dec 2013 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 04:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15712
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item