KINERJA PEMERINTAH DAERAH DALAM PELAKSANAAN URUSAN WAJIB BIDANG LINGKUNGAN HIDUP (STUDI KASUS PADA PENGENDALIAN PENCEMARAN LIMBAH INDUSTRI DI KABUPATEN SIDOARJO)

DYA DWI RETNOWATI, 070911067 (2014) KINERJA PEMERINTAH DAERAH DALAM PELAKSANAAN URUSAN WAJIB BIDANG LINGKUNGAN HIDUP (STUDI KASUS PADA PENGENDALIAN PENCEMARAN LIMBAH INDUSTRI DI KABUPATEN SIDOARJO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-retnowatid-29663-6.abstr-k.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis. AN. 02-14 Ret k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo dalam pelaksanaan urusan wajib bidang lingkungan hidup, khususnya dalam pengendalian pencemaran limbah industri. Penelitian ini dianggap penting karena banyaknya kerusakan lingkungan yang terjadi sebagai akibat dari pencemaran limbah industri, sementara penelitian-penelitian terdahulu belum ada yang mengkaji permasalahan kinerja Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan urusan wajib tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif tipe penelitian studi kasus karena mengangkat kasus pencemaran limbah industri di Kabupaten Sidoarjo sebagai fokus penelitian. Sementara teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi dokumen, serta wawancara mendalam dengan informan. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling karena tidak banyak pihak yang mengetahui permasalahan pengendalian limbah industri dengan pemahaman baik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam pengendalian pencemaran limbah industri masih belum baik. Hal ini diakibatkan masih banyaknya pencemaran limbah indusri yang terjadi di Sidoarjo sebagai dampak dari kurang maksimalnya kebijakan-kebijakan lingkungan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah. Hal ini terjadi karena adanya kendala keuangan yang dialokasikan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam program pengelolaan lingkungan hidup. Keterbatasan sarana dan prasarana juga menjadikan beberapa kebijakan pengendalian limbah industri tidak berjalan dengan efektiv.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. AN. 02/14 Ret k
Uncontrolled Keywords: LOCAL GOVERNMENT; SEWAGE
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DYA DWI RETNOWATI, 070911067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAntun Mardiyanta, Dr. , Drs, MAUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 29 Jan 2014 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 05:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15717
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item