WACANA GAYA HIDUP KONSUMTIF DALAM NOVEL BERGENRE CHICKLIT DI INDONESIA

BIRU CAHYA IMANDA, 071015039 (2014) WACANA GAYA HIDUP KONSUMTIF DALAM NOVEL BERGENRE CHICKLIT DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-imandabiru-33218-5.abstr-k.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis. K. 85-14 Ima w.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang wacana gaya hidup konsumtif dalam novel bergenre chicklit di Indonesia, yakni dengan melakukan analisis wacana kritis pada novel Pesan dari Bintang karya Sitta Karina, Divortiare karya Ika Natassa, dan Cewek Matre karya Alberthiene Endah. Penelitian ini menarik untuk diteliti karena kajian mengenai gaya hidup masih tergolong amat minim di Indonesia. Umumnya, gaya hidup hanya dijadikan topik atau tema dalam bacaan-bacaan ringan, salah satunya adalah novel. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengeksplor gaya hidup konsumtif yang diwacanakan dalam novel bergenre chicklit di Indonesia. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dengan tipe eksploratif yang menggunakan analisis wacana kritis milik Teun A. van Dijk sebagai metodenya. Sedangkan, tinjauan pustaka yang digunakan pada penelitian ini adalah Novel sebagai Produk Media Massa, Konstruksi Realitas dalam Media Massa melalui Simbol, Gaya Hidup Konsumtif dan Era Postmodernisme, serta Teori Analisis Wacana Kritis Teun A. van Dijk. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup konsumtif pada novel bergenre chicklit di Indonesia diwacanakan dalam kegiatan berbelanja, perawatan kecantikan diri dan menongkrong. Nilai simbol dianggap lebih penting daripada nilai guna atau nilai fungsi yang melekat pada objek yang dikonsumsinya. Hal tersebut disebabkan oleh anggapan yang menyatakan bahwa tampilan luar merupakan hal penting, yakni untuk kepentingan citra atau image yang baik. Wacana dalam ketiga novel bergenre chicklit di atas menunjukkan bahwa gaya hidup konsumtif seolah-olah hanya ditujukan dan hanya bisa dijalani oleh orang-orang dari kalangan sosial kelas menengah ke atas. Hal tersebut pun menyebabkan adanya diferensiasi sosial, yakni suatu proses dalam membangun identitas berdasarkan perbedaan produk, gaya dan gaya hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 84/14 Ima w
Uncontrolled Keywords: POSTMODERNISM; FICTION
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
P Language and Literature
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
BIRU CAHYA IMANDA, 071015039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYuyun W.I. Surya, S.Sos., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 11 Sep 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 03:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15735
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item