OPINI MAHASISWA SURABAYA TERHADAP IKLAN POLITIK PARTAI NASDEM MELALUI MEDIA TELEVISI

RIZKY DWI PUSPITASARI, 071015023 (2014) OPINI MAHASISWA SURABAYA TERHADAP IKLAN POLITIK PARTAI NASDEM MELALUI MEDIA TELEVISI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-puspitasar-33271-6.abstr-k.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15744.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui opini mahasiswa Surabaya terhadap iklan politik Partai Nasdem melalui media televisi menjelang diselenggarakannya Pemilu 2014. Opini yang diteliti meliputi opini mahasiswa terhadap iklan politiknya, waktu tayang beriklan dan frekuensi iklan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa baik laki-laki maupun perempuan dari semua angkatan yang terdaftar sebagai mahasiswa perguruan tinggi di Surabaya yang pernah melihat iklan politik Partai Nasdem di televisi. Adapun untuk mengetahui sampel penelitian, peneliti menggunakan metode multi stage random sampling. Penelitian ini menggunakan metode survei yang merupakan bagian dari metode kuantitatif. Agar data yang dihasilkan lebih mampu berbicara mendalam, dilengkapi pula dengan analisis kualitatif yang dilakukan melakui interpretasi peneliti dan interpretasi teoretik. Berdasarkan survei yang dilakukan peneliti terhadap 384 mahasiswa Surabaya, diketahui bahwa opini Mahasiswa Surabaya terhadap iklan Partai Nasdem melalui televisi cenderung negatif. Dari iklannya sendiri, responden berpendapat bahwa iklan Partai Nasdem di televisi mudah diterima masyarakat (72,66 %), mengesankan sebagai Partai Baru Pembawa Perubahan (61,98 %), merupakan iklan kampanye (96,87 %), dapat membuat mengenal partai (76,30 %), menaikkan popularitas partai (76,56 %) dan menaikkan elektabilitas (53,13 %). Sayangnya, dari dimensi waktu penayangan, mayoritas reponden (76,82 %) menyatakan iklan politik Partai Nasdem tayang di televisi di luar waktu tayang yang diperbolehkan, Partai Nasdem belum tepat memilih waktu tayang (61,20 %) dan sebaiknya tidak menayangkan di luar waktu tayang yang diperbolehkan (79,17 %). Terkait frekuensi penayangan, responden (47,92 %) mengatakan iklan Partai Nasdem ditayangkan kurang dari tiga kali sehari di satu saluran televisi, iklan politik Partai Nasdem hanya muncul di beberapa saluran televisi tertentu (70,05 %) dan seharusnya ditayangkan di seluruh saluran televisi (54,42 %).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 59/14 Pus o
Uncontrolled Keywords: OPINION; ADVERTISING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
RIZKY DWI PUSPITASARI, 071015023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRendy Pahrun Wadipalapa, S.Ikom.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 18 Sep 2014 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 21:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15744
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item