IMPLEMENTASI JEMBER FASHION CARNAVAL SEBAGAI BAGIAN DARI CITY BRANDING KABUPATEN JEMBER

ISTIQLALIAH DIAN CAHYANI, 071015086 (2014) IMPLEMENTASI JEMBER FASHION CARNAVAL SEBAGAI BAGIAN DARI CITY BRANDING KABUPATEN JEMBER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-cahyaniist-33287-6.abstr-k.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15746.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan implementasi Jember Fashion Carnaval sebagai bagian dari city branding Kabupaten Jember. Peneliti ingin mengetahui implementasi event management sebagai tools dalam upaya city branding. Penelitian ini berangkat dari fenomena persaingan antar kota di era globalisasi, otonomi daerah dan kebutuhan identitas di era informasi. Sehingga memunculkan fenomena city branding yang memiliki kompleksitas dibandingkan product branding. Selain itu, karena adanya fenomena perkembangaan penggunaan event dalam city branding. Tinjauan pustaka yang digunakan adalah mengenai brand dan branding, city branding, event sebagai upaya city branding, dan event management. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, tipe deskriptif, metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipan, studi dokumentasi dan kepustakaan. Kemudian data tersebut diolah dan dianalisis untuk mendapat kesimpulan sebagai jawaban dari rumusan masalah. Konsep yang ditawarkan JFC adalah global, modern dan internasional dengan city slogan “World Fashion Carnival City”. Konsep ini mampu menjadi identitas baru yang mengantarkan Kabupaten Jember untuk go international, menciptakan awareness, image, reputation, added value, serta dampak ekonomi, pariwisata dan pengembangan SDM berkelanjutan. Namun menghadapi kompleksitas karena kurang mengangkat nilai-nilai lokal Kabupaten Jember dan kurang mendapatkan dukungan dari pihak internal. Semakin diperkuat dengan adanya eksklusivitas dalam ranah pengonsepan, dan kurangnya pendekatan internal sebab berfokus pada promosi eksternal. JFC juga cenderung menerapkan event branding, bahkan country branding. Serta dalam proses city branding yang dilakukan tidak terlepas dari political factor. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah city branding Kabupaten Jember yang dilakukan belum sepenuhnya berhasil, dan hanya berhenti pada tataran promotion, tourism, dan profit oriented.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 68/14 Cah i
Uncontrolled Keywords: CITY BRANDING; EVENT MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT321-325 The city as an economic factor. City promotion
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
ISTIQLALIAH DIAN CAHYANI, 071015086UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNurul Ratna Sari, S.IP., M.CommsUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 19 Sep 2014 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 22:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15746
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item