REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM FILM BERTEMA ISLAM PADA FILM PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN KARYA HANUNG BRAMANTYO ( ANALISIS WACANA PERSPEKTIF FEMINIS )

DINDA NISTRIA, 070710351 (2014) REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM FILM BERTEMA ISLAM PADA FILM PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN KARYA HANUNG BRAMANTYO ( ANALISIS WACANA PERSPEKTIF FEMINIS ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-nistriadin-33289-7.abstr-t.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis. K. 62-14 Nis r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam penelitian ini diprioritaskan untuk menganalisis bagaimana perempuan digambarkan dalam film bertema islam “Perempuan Berkalung Sorban” dari perspektif feminis yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film merupakan salah satu media massa yang memiliki peran penting dalam mensosialisasikan nilai-nilai tertentu dalam masyarakat. Film Perempuan Berkalung Sorban diangkat dari novel karya Abidah El Khalieqy dan diadaptasi menjadi sebuah naskah film oleh Ginatri S. Noer dan Hanung Bramantyo. Pemilihan film ini dikarenakan film tersebut tengah menjadi trend di Indonesia yang menggambarkan secara jelas tentang kehidupan perempuan sebelum feminisme hadir di tengah masyarakat. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan menggunakan metodologi kuanlitatif. Metode yang digunakan adalah metode analisis wacana yang merupakan metode analisis terhadap isi media. Data akan diteliti menggunakan discourse analysis model Van Dijk. Metode analisis wacana Van Dijk dipilih karena ia menggunakan model dengan dimensi teks sebagai acuan utama dalam menganalisis wacana yang terkandung dalam teks beserta struktur dan elemen wacana di dalamnya. Dari hasil analisis peneliti, film “Perempuan Berkalung Sorban” menunjukkan bahwa eksistensi perempuan sebagai manusia yang mandiri, terlepas dari segala bentuk penindasan atas nama gender, serta mampu menunjukkan harkat dan martabatnya sebagai perempuan. Eksistensi tersebut terwujud dalam bentuk kebebasan memilih dan memutuskan sendiri apa yang menurutnya baik, tanpa harus bersumber atau ditentukan oleh laki-laki maupun orang lain di luar dirinya sebagai perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 62/14 Nis r
Uncontrolled Keywords: FEMINISM; FILM
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ1101-2030.7 Women. Feminism
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
DINDA NISTRIA, 070710351UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIsa Kurnia Illahiati, S. Sos, M. Med-KomUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 19 Sep 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 05:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15748
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item