ANALISIS LOYALITAS KONSUMEN STARBUCKS TERHADAP BRAND STARBUCKS DI SURABAYA

GDE EVAN GARRY WICAKSANA, 071015076 (2014) ANALISIS LOYALITAS KONSUMEN STARBUCKS TERHADAP BRAND STARBUCKS DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-wicaksanag-33303-6.abstr-k.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
86.gdlhub-gdl-s1-2014-wicaksanag-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus penelitian ini adalah mengenai analisis kecenderungan loyalitas konsumen Starbucks terhadap brand Starbucks di Surabaya. Penelitian ini mendeskripsikan kecenderungan posisi konsumen Starbucks di Surabaya, kaitannya dengan tingkatan loyalitas konsumen berdasarkan hierarki oleh Aaker. Penelitian ini menarik untuk diteliti karena adanya hal yang bertolakbelakang antara menurunnya index brand Starbucks dengan loyalitas masyarakat terhadap brand Starbucks. Maka, penelitian ini akan memiliki fokus pada kecenderungan tingkatan loyalitas konsumen Starbucks di Surabaya terhadap brand Starbucks. Kerangka teori penelitian ini menggunakan teori perilaku konsumen, yakni brand equity. Salah satu komponen brand equity, yakni brand loyalty, menjadi dasar teori penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan tipe penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat tentang objek penelitian. Metode survei dilakukan kepada 384 responden. Kemudian, melalui kerangka konseptual, peneliti melakukan operasionalisasi variabel beserta indikatornya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan posisi loyalitas konsumen Starbucks di Surabaya ada pada tingkatan satisfied buyer. Hal ini tidak sesuai dengan teori Aaker, bahwa konsumen yang loyal terhadap brand yang kuat seharusnya berada pada tingkatan committed buyer. Ketidaksesuaian hasil penelitian dengan teori sebelumnya, bisa dikarenakan banyak faktor, antara lain homogenitas produk serta overcrowding market and brand. Hal ini bisa dieksplorasi dengan konsep seperti outsight-in promotion, consumer empowerment, serta emotional branding.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 77/14 Wic a
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOUR; BRAND EQUITY; BRAND LOYALTY
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
GDE EVAN GARRY WICAKSANA, 071015076UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Ratna Sari, ,S.IP., M. CommsUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 23 Sep 2014 12:00
Last Modified: 15 Aug 2016 02:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15762
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item