Konstruksi Kepemimpinan dalam Iklan Kampanye Bakal Calon Presiden Gita Wirjawan di Televisi

DEVI YUANITA SARI, 071015008 (2014) Konstruksi Kepemimpinan dalam Iklan Kampanye Bakal Calon Presiden Gita Wirjawan di Televisi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-sarideviyu-33304-6.abstr-k.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
87.gdlhub-gdl-s1-2014-sarideviyu-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali makna dari tiap-tiap simbol dalam iklan kampanye Gita Wirjawan. Tiga iklan kampanye Gita Wirjawan yang ditayangkan di televisi membentuk konstruksi kepemimpinan tersendiri. Signifikansi dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kosntruksi kepemimpinan yang dilakukan melalui iklan kampanye di televisi. Tidak hanya menunjukkan bagaimanan sosok pemimpin yang ideal, iklan kampanye ini menjadi media untuk pencitraan bagi calon yang diusung. Walaupun tidak secara tegas menampilkan sosok Gita dalam iklan, namun iklan ini berusaha membentuk pemikiran tentang pemimpin ideal dan bagaimana sosok Gita jika dia menjadi seorang pemimpin. Simbol-simbol dalam penelitian ini digali dengan metode semiotik John Fiske. Tiga level analisis dalam metode ini yaitu level realitas, level representasi dan ideologi digunakan peneliti untuk dapat menemukan makna-makna yang membentuk konstruksi kepemimpinan. Hasilnya, terdapat konstruksi kepemimpinan ideal dalam tiap-tiap iklan. Bahwa seorang pemimpin setidaknya harus memiliki kejujuran, fokus pada tujuan, rasa tanggung jawab, mau turun tangan untuk bekerja langsung di tengahtengah masyarakat dan mau untuk terus belajar. Setiap simbol-simbol dalam iklan mewakili karakter-karakter tersebut. Pencitraan politik Gita juga tampak dari setiap simbol pada iklan mewakili visi misi, program, atau kegiatan yang memang sedang dilakukan oleh Gita Wirjawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 78/14 Sar k
Uncontrolled Keywords: CONSTRUCTION; LEADERSHIP
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE210-228.3 Construction details.Including foundations, maintenance, equipment
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
DEVI YUANITA SARI, 071015008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRendy Pahrun Wadipalapa, , S.Ikom.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 23 Sep 2014 12:00
Last Modified: 15 Aug 2016 03:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15763
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item