STORYTELLING DALAM PENYAMPAIAN RAHASIA KELUARGA MENGENAI PENGADOPSIAN ANAK OLEH ORANG TUA TERHADAP ANAK ADOPSINYA

RAYI ANNGUNSARI, 071015036 (2014) STORYTELLING DALAM PENYAMPAIAN RAHASIA KELUARGA MENGENAI PENGADOPSIAN ANAK OLEH ORANG TUA TERHADAP ANAK ADOPSINYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-anngunsari-33305-6.abstr-k.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
88.gdlhub-gdl-s1-2014-anngunsari-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini mengkaji mengenai komunikasi keluarga oleh orang tua yang melakukan storytelling dalam penyampaian rahasia keluarga mengenai pengadopsian anak terhadap anak adopsinya. Penelitian ini menjadi menarik karena fenomena pengadopsian anak sering kali muncul permasalahan dalam mengungkapkan status anak. Orang tua cenderung memiliki keinginan untuk mengungkapkan rahasia pengadopsian kepada sang anak. Namun disisi lain orang tua akan merasa bimbang karena ketakutan akan dampak buruk yang akan timbul setelah penyampaian rahasia pengadopsian tersebut.Masing-masing keluarga memiliki cara tersendiri untuk penyampaikan informasi yang bersifat rahasia. Sehingga rumusan masalah terkait penelitian ini mengenai bagaimana storytelling dalam penyampaian informasi rahasia keluarga menegnai pengadopsian anak oleh orang tua terhadap anak yang diadopsi sejak lahir. Tinjauan pustaka penelitian ini meliputi teori narrative performance, pengangkatan anak dan adopsi dalam komunikasi keluarga, rahasia keluarga, dan dialectical tension. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Peneliti menggunakan in-depth interview dan observasi dalam mengumpulkan data, dengan subyek penelitian adalah orang tua yang telah menyampaikan rahasia pengadopsian pada anak adopsinya. Unit analisis penelitian adalah narasi dari hasil interview. Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil bahwa perbedaan penyampaian pengadopsian oleh orang tua bergantung pada kondisi lingkungan, budaya dan nilai nilai yang dianut. Bentuk penyampaian rahasia pengadopsian ini dilakukan secara verbal berupa narasi cerita yang berdasarkan coherence & fidelity serta nonverbal berupa artefak antara lain surat keputusan pengangkatan anak, akte kelahiran anak dan foto saat anak diadopsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 79/14 Ang s
Uncontrolled Keywords: STORRYTELLING; ADOPTION
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
RAYI ANNGUNSARI, 071015036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos.,M.Med.UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 23 Sep 2014 12:00
Last Modified: 15 Aug 2016 03:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15764
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item