Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Motivasi Evaluasi Kognitif Untuk Berkunjung Pada Ex. Dejavasche Bank (Museum Bank Indonesia Surabaya)

RIZKI DWI AGUSTINA, 071016060 (2014) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Motivasi Evaluasi Kognitif Untuk Berkunjung Pada Ex. Dejavasche Bank (Museum Bank Indonesia Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-agustinari-33877-6.abstr-k.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
92.gdlhub-gdl-s1-2014-agustinari-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Museum Bank Indonesia merupakan salah satu museum yang terdapat di Surabaya milik Bank Indonesia . Museum Bank Indonesia tergolong museum baru yang dibuka untuk umum pada tahun 2012. Dalam menginformasikan Museum Bank Indonesia pada masyarakat dan memotivasi masyarakat agar berkunjung, pihak pengelola melakukan berbagai macam promosi seperti periklanan, hubungan masyarakat dan personal selling. Oleh karena hal itu maka dilakukan penelitian guna untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap motivasi berkunjung pada Museum Bank Indonesia secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan teori bauran promosi jasa dari Adrian Payne yaitu periklanan, hubungan masyarakat, word of mouth dan personal selling serta teori motivasi evaluasi kognitif dari PC Jordan. teknik pengambilan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling, dengan menggunakan purposive sampling, sedangkan metode yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatif. Bauran promosi yang diteliti dalam penelitian ini dihitung melalui analisis regresi linier berganda secara parsial dengan perhitungan uji t menunjukkan bahwa variabel periklanan berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi berkunjung dengan t hitung > t tabel (5,402 > 1,985), variabel hubungan masyarakat berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi berkunjung dengan t hitung > t tabel (2,024 > 1,985), variabel word of mouth berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi berkunjung dengan t hitung > t tabel (2,903 > 1,985) sedangkan variabel personal selling berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi berkunjung dengan t hitung > t tabel (2,142 > 1,985). Kemudian hasil perhitungan uji F menunjukkan bahwa bauran promosi secara simultan/serentak berpengaruh signifikan terhadap motivasi berkunjung pada Museum Bank Indonesia dengan F hitung > F tabel (26,704 > 2,470). Selain itu korelasi parsial (R) yang dihasilkan adalah 0,728 sehingga dapat disimpulkan jika hubungan antara bauran promosi dan motivasi adalah kuat. Pengaruh bauran promosi terhadap motivasi adalah sebesar 52,9% yang sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 51/14 Agu p
Uncontrolled Keywords: PROMOTIONS; MOTIVATION (PSYCHOLOGY)
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ5511.2-6300 Promotion of peace. Peaceful change > JZ5514-5526 Societies, associations, academies, institutes, etc., for peace promotion, research and education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
RIZKI DWI AGUSTINA, 071016060UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Gunarti, Dra. ,M.I.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 12 Nov 2014 12:00
Last Modified: 15 Aug 2016 05:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15768
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item