POLA PERILAKU PENEMUAN INFORMASI (INFORMATION SEEKING BEHAVIOR) DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Penemuan Informasi di Kalangan Mahasiswa FIP Jurusan KSDP Program Studi Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang dalam Penulisa

NISA EMIRINA ROYAN, 071016013 (2014) POLA PERILAKU PENEMUAN INFORMASI (INFORMATION SEEKING BEHAVIOR) DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Penemuan Informasi di Kalangan Mahasiswa FIP Jurusan KSDP Program Studi Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang dalam Penulisa. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-royannisae-33886-5.abstr-k.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
97.gdlhub-gdl-s1-2014-royannisae-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini membahas perilaku penemuan informasi di kalangan mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Rumusan penelitian ini adalah bagaimana pola perilaku penemuan informasi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan KSDP Program Studi Pendidikan Luar Biasa dalam proses penulisan skripsi dengan menggunakan berbagai sumber dan saluran informasi. Model operasional penelitian ini menggunakan model perilaku penemuan informasi David Ellis (1993) yang telah direvisi oleh Meho dan Tibbo pada tahun 2003 pada kalangan ilmuwan sosial dari berbagai macam multidisiplin ilmu, dimana salah satunya bidang ilmu pendidikan (education). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan jumlah responden 63 mahasiswa program studi Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang. Data yang dikumpulkan menggunakan penyebaran kuisioner dan wawancara probing. Hasil penelitian ini adalah: 1) Perilaku penemuan informasi mahasiswa diawali dengan wawancara, diskusi, dan kontak langsung dengan orang terpilih sehingga memperoleh informasi materi dan referensi berkaitan sumber informasi, 2) dalam menemukan referensi mahasiswa melakukan aktivitas chaining maju dan chaining mundur, 3) penelusuran informasi melalui sumber informasi buku dan internet menggunakan saluran informasi perpustakaan UM dan internet, 4) melakukan pemantauan terhadap perkembangan informasi sesuai topik penelitian menggunakan jurnal, website (internet), pengamatan langsung pada ABK, dan diskusi dengan rekan, 5) melakukan accessing terhadap sumber informasi yang diperoleh dari aktivitas monitoring, 6) melakukan perbandingan informasi yang terdapat di buku dengan skripsi dan pengamatan langsung pada ABK, 7) mengidentifikasi informasi relevan menggunakan beberapa kriteria, 8) memeriksa keakuratan informasi dengan memberi penilaian terhadap sumber informasi yang digunakan 9) melakukan pertukaran informasi demgan orang yang bekerja pada topik sama, 10) melakukan penyimpanan dan pengorganisasian informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 56/14 Roy p
Uncontrolled Keywords: BEHAVIOR MODIFICATION; INFORMATION RETRIEVAL
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
NISA EMIRINA ROYAN, 071016013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDessy Harisanty, ,S.Sos., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 13 Nov 2014 12:00
Last Modified: 16 Aug 2016 00:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15773
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item