PERILAKU PENEMUAN INFORMASI (INFORMATION SEEKING BEHAVIOR) MUBALIG MUHAMMADIYAH (Studi Deskriptif Mengenai Perilaku Penemuan Informasi di Kalangan Mubalig Muhammadiyah Kabupaten Jember)

BERLIAN EKA KURNIA, 071016063 (2014) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI (INFORMATION SEEKING BEHAVIOR) MUBALIG MUHAMMADIYAH (Studi Deskriptif Mengenai Perilaku Penemuan Informasi di Kalangan Mubalig Muhammadiyah Kabupaten Jember). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-kurniaberl-33908-7.abstr-k.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15778-BAB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini membahas tentang perilaku penemuan informasi Mubalig Muhammadiyah Daerah Kabupaten Jember. Rumusan penelitian ini adalah bagaimanakah perilaku penemuan informasi di kalangan mubalig Muhammadiyah Kabupaten Jember terkait dengan peran dan tugas yang diemban, meliputi: karakteristik kebutuhan informasi para mubalig, sumber dan saluran informasi para mubalig, kesadaran informasi dalam menentukan sumber dan saluran informasi yang akan digunakan, serta bagaimana hasil akhir dari proses penemuan informasi tersebut. Model operasional penelitian ini menggunakan model perilaku penemuan informasi profesional yang dikembangkan Leckie, Pettigrew, dan Sylvain. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan jumlah responden 60 orang di kalagan mubalig Muhammadiyah Daerah Kabupaten Jember. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner dan probing. Hasil penelitian ini adalah: 1) peran mubalig yang paling dominan adalah sebagai pendidik dan penyedia layanan, dari setiap peran yang dijalankan terdapat tugas-tugas yang mengiringi, diketahui bahwasanya semakin beragam peran yang dijalankan maka semakin kompleks pula tugas yang harus dilakukan 2) kebutuhan informasi mubalig cukup beragam apabila dilihat dari peran kerja dan tugasnya, semakin kompleks tugas yang dilakukan maka semakin beragam pula informasi yang dibutuhkan oleh para mubalig 3) sumber informasi yang paling banyak digunakan adalah kitab-kitab Islam, dan sumber informasi personal (pengetahuan dan pengalaman pribadi), sedangkan saluran informasi yang paling sering digunakan adalah koleksi buku/dokumen pribadi, 4) mubalig menggunakan sumber dan saluran informasi berdasarkan penilaian atas kredibilitas, kualitas, dan aksesibilitas sumber informasi, 5) mubalig merasa tidak puas apabila informasi yang dicari tidak sepenuhnya ditemukan, maka mereka melakukan pencarian informasi lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 61/14 Kur p
Uncontrolled Keywords: BEHAVIOR MODIFICATION; INFORMATION RETRIEVAL
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
BERLIAN EKA KURNIA, 071016063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDessy Harisanty, ,S.Sos., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 14 Nov 2014 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 22:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15778
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item