“Persepsi Pengguna Terhadap Kualitas Koleksi Di Perpustakaan Umum Kota Surabaya”

CITRA NANDA YANUARISKA, 071016081 (2014) “Persepsi Pengguna Terhadap Kualitas Koleksi Di Perpustakaan Umum Kota Surabaya”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-yanuariska-33912-7.abstr-k.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
103.gdlhub-gdl-s1-2014-yanuariska-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan adalah suatu lembaga yang bergerak di bidang jasa layanan informasi untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Informasi yang disajikan berbagai macam seperti buku, kaset, VCD/DVD, dll. Oleh karena itu, pihak perpustakaan harus meningkatkan kualitas layanan informasi terutama terkait koleksi yang dimiliki. Kriteria penilaian layanan perpustakaan yang bagus yaitu dilihat dari kualitas koleksi, dengan koleksi yang berkualitas masyarakat bisa mendapatkan informasi yang akurat dan relevan sesuai dengan informasi yang mereka butuhkan. Begitu pula koleksi yang ada di perpustakaan umum, koleksi perpustakaan tersebut harus sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya dimana penggunanya dari berbagai golongan (atas ataupun bawah) sehingga pihak perpustakaan harus menyediakan koleksi yang bervariasi atau beraneka ragam bidang ilmunya. Pada penelitian deskriptif ini menggambarkan tentang persepsi pengguna terhadap kualitas koleksi di Perpustakaan Umum Kota Surabaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi pengguna terhadap kualitas koleksi yang ada di Perpustakaan Umum Kota Surabaya. Populasi penelitian ini adalah pengguna Perpustakaan Umum. Sampel yang diambil secara purposive sampling yaitu pengguna tersebut pernah meminjam koleksi dan membaca koleksi di perpustakaan. Hal ini dilakukan agar data yang diperoleh lebih akurat dengan asumsi bahwa mereka yang telah memenuhi syarat tersebut adalah orang yang benar-benar sudah merasakan bahwa koleksi tersebut berkualitas atau tidak sampel yang diambil 100 responden. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menggunakan teori 7 dimensi kualitas produk (Garvin) terdiri dari 1) persepsi pengguna terhadap aspek performance sudah cukup sesuai dengan presentase 66% dengan kriteria penyeleksian bahan pustaka, dimana isi informasinya dapat dipercaya, isinya bermanfaat bagi penggunanya. 2) persepsi pengguna pada aspek keistimewaan sudah membantu pengguna dalam pencarian informasi dengan presentase 97%, 3) persepsi pengguna pada aspek konformansi menanggapi pihak perpustakaan sudah mampu menjalankan fungsi dan tujuan Perpustakaan Umum Kota Surabaya, 4) persepsi pengguna pada aspek daya tahan sudah cukup banyak yang meminjam dan kondisi penjilidannya kuat, tidak mudah sobek, dan mudah dalam membuka halaman pada koleksi tetapi disisi lain ada penjilidan yang rusak. 5) persepsi pengguna pada aspek service ability pihak perpustakaan kurang cepat dalam memperbaiki koleksi yang rusak. 6) persepsi pengguna pada aspek estetika sudah cukup membuat pengguna tertarik dalam memilih koleksi dan 7) persepsi pengguna pada aspek brand name-image cukup membantu kita untuk mengetahui buku tersebut berkualitas atau tidak dilihat dari sisi kredibilitas pengarang dan penulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 63/14 Yan p
Uncontrolled Keywords: LIBRARY MATERIALS; BOOKS
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
CITRA NANDA YANUARISKA, 071016081UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Fitriyah Mannan, ,S.Sos, M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 14 Nov 2014 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 01:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15780
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item