PERILAKU PENCARIAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERNET PADA REMAJA AWAL (Studi Deskriptif Perilaku Pencarian Informasi Dengan Menggunakan Media Internet Pada SMPN 32 Surabaya)

ACHMAD RIZAL ILMI, 070810576 (2014) PERILAKU PENCARIAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERNET PADA REMAJA AWAL (Studi Deskriptif Perilaku Pencarian Informasi Dengan Menggunakan Media Internet Pada SMPN 32 Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ilmiachmad-33920-7.abstr-k.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
105.gdlhub-gdl-s1-2014-ilmiachmad-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi (TI) berkembang pesat berdampak pada maraknya informasi yang melimpah ruah yang ada di dunia internet. Kebutuhan akan informasi menjadi bentuk perilaku tersendiri di dalam dunia maya. Berbagai perilaku yang menarik untuk dikaji. Perilaku pencarian informasi ini dapat memberikan formulasi untuk mengetahui perilaku para pengguna di dunia maya. Manfaat Perilaku pencarian informasi dengan menggunakan media internet pada remaja awal dapat mengetahui gambaran perilaku yang dilakukan murid SMPN 32 Surabaya. Perilaku pencarian informasi ini dapat memberikan formulasi belajar murid khususnya dalam menggunakan internet untuk mencari informasi di dunia maya. Penelitian ini dikaji berdasarkan tahapan yang dilakukan Ellis meliputi delapan tahapan pencarian informasi(Ellis, Cox dan Hall, 1993:359-365)starting, chaining, browsing, diferrentiating, monitoring, extrating, verifying, ending. Dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perilaku pencarian informasi yang dilakukan oleh murid SMPN 32 Surabaya.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel acak sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa murid telah melakukan tahapan pola yang dilakukan oleh Ellis. Tetapi perilaku yang dilakukan belum mendalam untuk mengoreksi informasi yang dilakukan oleh para murid. Murid hanya sebatas mencari informasi yang berkaitan dengan mata pelajaran yang didapatkan. Murid belum melakukan pengecekan terhadap informasi yang didapatkan. murid mengecek informasi yang didapatkan hanya sebatas bertanya pada teman sebaya mereka. Dalam mencari informasi search engine yang dominan digunakan adalah google. Hambatan yang dirasakan para murid dalam melakukan pencarian informasi berkaitan dengan bahasa yang digunakan, jam buka ruang komputer yang dirasa kurang sehingga murid mengakses informasi diluar lingkungan sekolah. Hal tersebut akan berdampak pada tanpa ada pengawasan dari pihak sekolah ataupun orangtua. Adanya kedua Media internet dan Perpustakaan merupakan media yang saling mendukung. Ketepatan akan informasi yang dibutuhkan sangat penting untuk menunjang peran mereka sebagai Murid dimasa remaja Awal dalam mencari identitas mereka sebagai pelajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 65/14 Ilm p
Uncontrolled Keywords: BEHAVIOR MODIFICATION; INTERNET
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ACHMAD RIZAL ILMI, 070810576UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHelmy PrasetyoY, ,S.Sos., M.KPUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 14 Nov 2014 12:00
Last Modified: 19 Aug 2016 10:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15782
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item