PERILAKU PENEMUAN INFORMASI PENELITI UNIVERSITAS AIRLANGGA MELALUI E-JOURNAL (Studi Deskriptif tentang Perilaku Penemuan Informasi Peneliti LPPM Universitas Airlangga melalui E-journal)

ASTRI SURYANINGSIH, 071016053 (2014) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI PENELITI UNIVERSITAS AIRLANGGA MELALUI E-JOURNAL (Studi Deskriptif tentang Perilaku Penemuan Informasi Peneliti LPPM Universitas Airlangga melalui E-journal). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-suryanings-33923-6.abstr-k.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-suryanings-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Informasi yang dibutuhkan oleh peneliti tidak dapat dilepaskan dari peran kerja sebagai seorang peneliti yang akan melibatkan rasa ingin tahu dan untuk mencari dan menggali informasi baru. Hal tersebut merupakan kebutuhan kognitif yang berusaha dipenuhi dengan mencari informasi ilmiah yang terkait dengan penelitian. Kebutuhan afektif bagi peneliti yang berusaha untuk dipenuhi berhubungan dengan bentuk rasa menghargai peran kerja sebagai peneliti dan melaksanakan kewajiban dengan sungguh-sungguh. Untuk memenuhi kebutuhan afektif ini, informasi yang dibutuhkan adalah informasi paling mutakhir terkait suatu penelitian. Berbagai sumber informasi akan digunakan oleh peneliti, salah satunya adalah e-journal. Perpustakaan maupun web-web open access e-journal menyediakan bervariasi e-journal yang dapat dimanfaatkan peneliti. Penelitian ini berusaha untuk menggambarkan perilaku peneliti LPPM Universitas Airlangga dalam menelusur e-journal. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe deskriptif. Responden berjumlah 40 orang. Sampel diambil menggunakan purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah kuisioner. Hasil yang diperoleh adalah peneliti melakukan fitur starting, chaining, browsing, differentiating, monitoring, extracting, verifying, dan ending. Sumber e-journal yang paling digunakan oleh peneliti adalah e-journal pada web-web yang terindeks oleh search engine Google Scholar. Hambatan yang dialami oleh peneliti antara lain adalah kelelahan ketika membaca pada layar komputer terlalu lama, kurang memiliki waktu, artikel e-journal tidak tersedia secara fulltext, akses e-journal yang dilanggan Perpustakaan Universitas Airlangga pada lingkungan kampus, dan kecepatan akses internet Universitas Airlangga yang lambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 68/14 Sur p
Uncontrolled Keywords: BEHAVIOR MODIFICATION; INFORMATION RETRIEVAL; ELECTRONIC JOURNALS
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ASTRI SURYANINGSIH, 071016053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEndang Fitriyah M, ,S.Sos., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 14 Nov 2014 12:00
Last Modified: 20 Aug 2016 07:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15785
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item