PERANAN MODAL SOSIAL PADA PERILAKU BERBAGI INFORMASI DI DALAM FORUM SPORT: FUTSAL KASKUS REGIONAL SURABAYA

JANNATUL FIRDAUSI, 071016031 (2014) PERANAN MODAL SOSIAL PADA PERILAKU BERBAGI INFORMASI DI DALAM FORUM SPORT: FUTSAL KASKUS REGIONAL SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-firdausija-33926-7.abstr-k.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-firdausija-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku berbagi informasi (informationsharingbehavior) merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh setiap individu untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Berbagi informasi dapat dilakukan dengan dua cara yakni secara langsung ataupun secara virtual. Kegiatan berbagi informasi yang sering dilakukan yaitu secara virtual dikarenakan cara tersebut lebih simple, efisien waktu. Dalam proses berbagi informasi yang dilakukan oleh individu ataupun kelompok, harus memiliki modal yaitu berupa informasi. Dari penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Agung Dwijayanto terkait Perilaku berbagi informasi dikalangan mahasiswa disimpulkan bahwa mahasiswa memiliki tipe modal sosial yang menjembatani (Bridging Social Capital) ketika melakukan berbagi informasi , dengan menerapkan enam komponen modal sosial meliputi kepercayaan, partisipasi, pertukaran, norma, nilai dan tindakan proaktif. Dalam hal ini peneliti ingin mencoba untuk meneliti lebih lanjut perilaku berbagi informasi pada komunitas Online Kaskus regional Surabaya forum sport: futsal sebagai medianya, yang nantinya akan mengetahui bagaimana perilaku berbagi informasi yang terjadi di komunitas onlineKaskus regional Surabaya forum sport: futsal. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti menunjukkan bahwa modal sosial ikut berperan serta dalam proses perilaku berbagi informasi pada komunitas Online Kaskus yang digunakan sebagai sarana berbagi informasi. Namun komponen kepercayaan tidak terjadi pada semua member (responden) dalam pemberian identitas asli dalam perilaku berbagi di Kaskus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 71/14 Fir p
Uncontrolled Keywords: SOCIAL CAPITAL; BEHAVIOR MODIFICATION
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
JANNATUL FIRDAUSI, 071016031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDessy Harisanty, ,S.Sos., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 14 Nov 2014 12:00
Last Modified: 20 Aug 2016 07:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15787
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item