PENGARUH PENDIDIKAN PENGGUNA (USER EDUCATION) TERHADAP PEMANFAATAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

GRANTINO ONE PRADHIKA, 071211623007 (2014) PENGARUH PENDIDIKAN PENGGUNA (USER EDUCATION) TERHADAP PEMANFAATAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-pradhikagr-33944-7.abstr-k.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
112.gdlhub-gdl-s1-2014-pradhikagr-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan merupakan sebuah pusat informasi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya bila dimanfaatkan dengan baik. Perpustakaan Universitas Muhamadiyah Surakarta adalah salah satu perpustakaan yang telah menerapkan program pendidikan pengguna (user education) yang ditujukan kepada pengguna perpustakaan. Program pendidikan pengguna yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta terdiri dari 3 aspek utama yaitu orientasi pustaka, pengajaran pustaka dan pengajaran bibliografi. Dengan adanya program pendidikan pengguna dengan materi orientasi pustaka, pengajaran pustaka dan pengajaran bibliografi diharapkan akan mampu untuk meningkatkan ketrampilan pengguna perpustakaan dan mempromosikan perpustakaan sehingga pengguna meyakini arti penting dari perpustakaan sebagai pusat informasi, sehingga pengguna dapat memanfaatkan informasi yang ada di perpustakaan secara selektif, efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Oleh karena itu, peneliti ingin menguji apakah ada pengaruh penerapan pendidikan pengguna (user education) terhadap pemanfaatan layanan perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dalam penelitian ini menggunakan teori pendidikan pengguna yang dikemukakan oleh Ian Malley, serta Darmono tentang hubungan pendidikan pengguna terhadap pemanfaatan layanan perpustakaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan metode accidental sampling, dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif. Dalam uji t diketahui bahwa variabel (X) pendidikan pengguna (user education) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pemanfaatan layanan perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dari hasil analisis regresi variabel (X) pendidikan pengguna (user education) berpengaruh terhadap pemanfaatan layanan perpustakaan sebesar 25,4% dan setelah disesuaikan nilai sisanya 74,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hal ini dijelaskan melalui probabilitas (sig) nasing-masing variabel tersebut yang kurang dari taraf signifikansi (0,05) dan arah hubungannya positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 46/14 Pra p
Uncontrolled Keywords: USER EDUCATION; LIBRARY SERVICE
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
GRANTINO ONE PRADHIKA, 071211623007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNove Eka Variant Anna, ,S.Sos., MIMSUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 17 Nov 2014 12:00
Last Modified: 22 Aug 2016 01:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15789
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item