Perilaku Penemuan Informasi (Information Seeking Behaviour) Pada Profesi Perawat (Studi Deskriptif Perilaku Penemuan Informasi Perawat Bagian Irna Bedah dan Irna Medik Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya Dengan Mengadopsi Model Bystrom & Jarvelin)

WIJAYANTI LESTARI, 071211623005 (2014) Perilaku Penemuan Informasi (Information Seeking Behaviour) Pada Profesi Perawat (Studi Deskriptif Perilaku Penemuan Informasi Perawat Bagian Irna Bedah dan Irna Medik Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya Dengan Mengadopsi Model Bystrom & Jarvelin). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-lestariwij-33950-7.abstr-k.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
114.gdlhub-gdl-s1-2014-lestariwij-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran perilaku penemuan informasi pada perawat bagian Irna Bedah dan Irna Medik Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya menurut model Bystrom & Jarvelin, 1995. Pada penelitian perilaku penemuan informasi ini mencoba mengidentifikasikan tentang bagaimana penerimaan tugas dan analisa kebutuhan informasinya, tahapan-tahapan dalam aksi penemuan/pemilihan informasi yang didalamnya juga mencakup pilihan penggunaan sumber maupun saluran informasi perawat beserta implementasinya serta evaluasi yang meliputi tingkat pemenuhan kebutuhan melalui sumber dan saluran informasi. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif tipe deskriptif, dengan responden berjumlah 82 perawat. Sampel yang diambil menggunakan purposive sampling dan instrumennya menggunakan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan informasi yang digunakan berupa informasi tugas, informasi domain dan informasi penyelesaian tugas. Dalam aksi pemilihan informasi, responden mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan, membuat prioritas kebutuhan yang terpenting dan menentukan tindakan yang akan dipilih. Sumber informasi interpersonal yang paling sering diakses yaitu berupa dokter dan perawat, sumber informasi impersonal seperti internet, televisi, radio, jurnal kedokteran dan buku. Saluran informasi yang paling sering dimanfaatkan berupa studi kasus secara langsung pada pasien (internal) dan internet eksternal).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 48/14 Les p
Uncontrolled Keywords: BEHAVIOR MODIFICATION; INFORMATION RETRIEVAL
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q350-390 Information Theory
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
WIJAYANTI LESTARI, 071211623005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKoko Srimulyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 17 Nov 2014 12:00
Last Modified: 22 Aug 2016 02:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15791
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item