KEMELEKAN INFORMASI MASYARAKAT TERHADAP POTENSI DAERAH ( Studi Deskriptif Tentang Kemelekan Informasi Masyarakat Terhadap Potensi Lokal di Kabupaten Ponorogo )

YOLAN PRIATNA, 071016007 (2014) KEMELEKAN INFORMASI MASYARAKAT TERHADAP POTENSI DAERAH ( Studi Deskriptif Tentang Kemelekan Informasi Masyarakat Terhadap Potensi Lokal di Kabupaten Ponorogo ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-priatnayol-34037-6.abstr-k.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
124.gdlhub-gdl-s1-2014-priatnayol-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Potensi lokal merupakan suatu kekayaan yang tak ternilai harganya bagi sebuah daerah dimanapun itu. Potensi daerah sendiri merupakan segala kekayaan asli yang dimiliki oleh suatu daerah dan memiliki kemungkinan untuk dikembangkan dan dimaksimalkan oleh mereka yang ada disana. Pemaksimalan potensi ini merupakan tindakan yang legal dan dilindungi oleh aturan konstitusi yang jelas. Namun permasalahan yang timbul adalah actor yang berperan disini masih sangat minim, terutama dari masyarakat lokalnya yang memiliki pengetahuan terbatas mengenai potensi lokal yang ada di daerahnya. Ponorogo merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi lokal begitu banyak namun dalam pemanfaatannya sangan minimal atau terbatas dipilih sebagai sampel dalam penelitian ini. Analisa penelitian ini menggunakan analisa deskripstif dengan mengambil sampel sebesar 347 masyarakat yang diambil secara random di dalam 5 kecamatan berbeda yang terdiri dari 20 desa dan kelurahan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa dalam peran aktif masyarakat dalam kegiatan pengembangan potensi akan ditentukan ketika mereka memahami arti potensi lokal itu sendiri. Pemahaman masyarakat pun ditentukan oleh 4 aspek inti yang harus dipenuhi atau ada di dalam kehidupan masyarakat. Aspek tersebut adalah informasi itu sendiri, saluran informasi yang ada disana, lama tunggu penerimaan informasi, kemudian peran pemimpin yang ada di masyarakat Ponorogo. Berbekal hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa terpenuhinya empat aspek tersebut mernjadi penentu dalam pembentukan opini maupun pemahaman masyarakat terkait potensi lokal yang ada di Ponorogo. Pemberian pemahaman atau informasi tentang potensi lokal, peneyediaan saluran informasi masyarakat, serta peran pemimpin masyarakat memegang peran penting dalam upaya memelekkan warga Ponrogo terkait potensi lokal di daerah mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 81/14 Pri k
Uncontrolled Keywords: INFORMATIONS; LOCAL POTENTIAL
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
YOLAN PRIATNA, 071016007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEndang Gunarti, Dra. ,M.IkomUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 20 Nov 2014 12:00
Last Modified: 23 Aug 2016 05:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15801
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item