KETERPAKAIAN KOLEKSI FIKSI DAN MOTIVASI KUNJUNGAN SISWA DI PERPUSTAKAAN SMP KHADIJAH SURABAYA (Studi Deskriptif Keterpakaian Koleksi Fiksi dan Motivasi Kunjungan di Perpustakaan SMP Khadijah Surabaya)

NURUL ANANDA ISNAINI, 071016032 (2014) KETERPAKAIAN KOLEKSI FIKSI DAN MOTIVASI KUNJUNGAN SISWA DI PERPUSTAKAAN SMP KHADIJAH SURABAYA (Studi Deskriptif Keterpakaian Koleksi Fiksi dan Motivasi Kunjungan di Perpustakaan SMP Khadijah Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-isnaininur-34047-5.abstr-k.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
127.gdlhub-gdl-s1-2014-isnaininur-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kajian skripsi ini dilatarbelakangi oleh keterpakaian koleksi fiksi yang menjadi tolak ukur keberhasilan pengelola perpustakaan dan pihak sekolah dalam menyediakan koleksi yang dibutuhkan oleh siswa dan juga motivasi kunjungan siswa ke perpustakaan sebagai upaya meningkatkan minat baca dan menumbuhkan sikap positif terhadap kegiatan membaca dengan dimulai dari membaca buku bacaan ringan dan banyak digemari oleh siswa. Penelitian ini membahas tentang keterpakaian koleksi fiksi dan motivasi kunjungan siswa di perpustakaan SMP Khadijah Surabaya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) bagaimana keterpakaian koleksi fiksi yang ada di perpustakaan SMP Khadijah Surabaya? dan (2) bagaimana motivasi kunjungan siswa di perpustakaan SMP Khadijah Surabaya?. Untuk mengetahui keterpakaian koleksi dan motivasi kunjungan dalam penelitian ini digunakan konsep keterpakaian yang diungkap oleh Thompson dan teori motivasi Herzberg. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Khadijah Surabaya yang berjumlah 487 siswa. Sampel penelitian diambil berdasarkan teknik purposive sampling, dengan menggunakan rumus Yamane diperoleh sampel sejumlah 83 siswa SMP Khadijah Surabaya yang pernah berkunjung dan menggunakan koleksi fiksi yang disediakan oleh perpustakaan. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari keterpakaian koleksi fiksi dan motivasi kunjungan. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan juga observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel keterpakaian koleksi fiksi termasuk dalam kategori buruk dengan nilai rata-rata 2,42 dan variabel motivasi kunjungan termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 3,25. Dari data yang diperoleh, diketahui bahwa keterpakaian koleksi fiksi buruk karena pengguna masih kurang memaksimalkan koleksi fiksi yang ada di perpustakaan, sedangkan motivasi kunjungan siswa diketahui bahwa siwa memiliki motivasi yang cukup baik karena siswa yang datang ke perpustakaan memiliki tujuan-tujuan tertentu untuk memenuhi kebutuhan yang dapat di peroleh di dalam perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 84/14 Isn k
Uncontrolled Keywords: FICTION; MOTIVATION (PSYCHOLOGY); SCHOOL LIBRARIES
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NURUL ANANDA ISNAINI, 071016032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTri Susantari, Dra. ,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 21 Nov 2014 12:00
Last Modified: 23 Aug 2016 07:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15804
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item