HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL PUSTAKAWAN DENGAN PRESTASI KERJA PADA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI NEGERI DI KOTA SURABAYA (Study Eksplanatif Tentang Kompetensi Profesional Pustakawan Dengan Prestasi Kerja Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Kota Surabaya)

ADITYA RAMADHANI, 071016043 (2014) HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL PUSTAKAWAN DENGAN PRESTASI KERJA PADA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI NEGERI DI KOTA SURABAYA (Study Eksplanatif Tentang Kompetensi Profesional Pustakawan Dengan Prestasi Kerja Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ramadhania-34049-6.abstr-k.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
129.gdlhub-gdl-s1-2014-ramadhania-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kompetensi profesional pustakawan merupakan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang dimiliki seorang pustakawan yang bekerja pada perpustakaan digunakan tolok ukur guna mengetahui sejauh mana kemampuannya dalam menggunakan pengetahuan dan skill atau kemampuannya. Apabila kompetensi yang dimiliki pustakawan baik tentunya akan berdampak pada prestasi kerja yang baik pula, begitupun sebaliknya. Penelitian ini berfokus pada pustakawan di perpustakaan perguruan tinggi negeri di kota Surabaya, yang bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan kompetensi profesional pustakawan dengan prestasi kerja dan mengukur berapa besar hubungan kompetensi profesional pustakawan dengan prestasi kerja pada perpustakaan perguruan tinggi negeri di kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan teknik penyebaran kuisioner kepada responden untuk mendapatkan data. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kompetensi profesional pustakawan yang meliputi skill manajemen informasi, skill interpersonal, skill teknologi informasi, skill manajemen secara parsial terhadap prestasi kerja pada perpustakaan perguruan tinggi negeri kota Surabaya. Hasil koefisien t hitung koefisien regresi sebesar 5.471 sedangkan t tabel sebesar 1.67 dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel (5.471 > 1.67) maka H0 ditolak sehingga ada hubungan secara signifikan antara kompetensi profesional pustakawan secara parsial dengan prestasi kerja. Dan Hasil koefisien korelasi sederhana (R) = 0.556 menunjukkan adanya hubungan secara bersama-sama yang cukup kuat, dikarenakan hasil koefisien korelasi pada penelitian ini berada di antara 0,40–0,59 antara variabel kompetensi profesional pustakawan sebagai variabel bebas dengan prestasi kerja sebagai variabel terikat. Karena semakin mendekati nilai 1 maka menunjukkan semakin eratnya hubungan variabel bebas dengan variabel terikat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 86/14 Ram h
Uncontrolled Keywords: PERFORMANCE; ACHIEVEMENT MOTIVATION
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ADITYA RAMADHANI, 071016043UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDyah Puspitasari, ,S.Kom, M. HumUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 21 Nov 2014 12:00
Last Modified: 23 Aug 2016 07:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15806
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item