PENJIWAAN PROFESIONALISME PUSTAKAWAN ( Studi Fenomenologi Tentang Konstruksi Sosial Pustakawan di Perpustakaan Umum Kota Surabaya Terhadap Profesi Pustakawan )

DIAN NOVITA FITRIANI, 071016059 (2014) PENJIWAAN PROFESIONALISME PUSTAKAWAN ( Studi Fenomenologi Tentang Konstruksi Sosial Pustakawan di Perpustakaan Umum Kota Surabaya Terhadap Profesi Pustakawan ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-fitrianidi-34073-6.abstr-k.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
130.gdlhub-gdl-s1-2014-fitrianidi-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada umumnya tidak banyak orang yang menyadari keberadaan dan pentingnya profesi pustakawan. Seringkali dianggap profesi ini dianggap tida. Sehingga profesi ini tidak menarik bagi kaum muda khususnya mahasiswa jurusan ilmu informasi dan perpustakaan. Bahkan dari pustakawan yang aktif, belum tentu sejak awal mengenal, memahami dan menyukai profesi sebagai pustakawan. Di sisi lain, profesi pustakawan memiliki potensi yang dapat dikembangkan di era informasi saat ini. Seorang pustakawan harus multiskilled, tidak cukup jika hanya berhubungan dengan buku. Penelitian kualitatif dalam studi ini mencoba menemukan pemahaman dari pustakawan melalui intersubjektivitas dalam mengembangkan pengetahuan mereka tentang penjiwaan profesionalisme pustakawan. Studi ini menggunakan perspektif kosntruksi soaial, yang mana mencoba memahami fenomena ini dengan kepercayaan diri pustakawan selama menjalani profesi pustakawan. Studi ini menghasilkan 3 tipologi prosesional, yaitu: Administrative librarianship, actualization librarianship, and society oriented librarianship. Administrative librarianship adalah pustakawan yang bekerja sesuai dengan aturan birokrasi pemerintahan. actualization librarianship adalah pustakawan yang bekerja untuk mengeksplor kemampuannya. Society Oriented Librarianship adalah pustakawan yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat melalui profesinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 92/14 Fit p
Uncontrolled Keywords: LIBRARIAN; SOCIAL CONSTRUCTION
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DIAN NOVITA FITRIANI, 071016059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHelmy Prasetyo Yuwinanto, S.Sos, M.KPUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 26 Nov 2014 12:00
Last Modified: 23 Aug 2016 08:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15807
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item