PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR (Studi Deskriptif Tentang Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Siswa Kelas 3 SMK Negeri 6 Surabaya)

HEROTITO ABISARWAN, 070810084 (2014) PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR (Studi Deskriptif Tentang Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Siswa Kelas 3 SMK Negeri 6 Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-abisarwanh-34072-7.abstr-k.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
135.gdlhub-gdl-s1-2014-abisarwanh-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Informasi mempunyai peran yang penting dalam menggerakkan perubahan disekitar kita. Informasi menjadi kekuatan yang diperhitungkan, siapa yang menguasai informasi dengan benar, mempunyai peluang besar untuk menjadi pemenang dalam persaingan hidup di masyarakat. Menghadapi tantangan globalisasi, lembaga pelayanan public bersaing dengan ketat untuk meningkatkan pelayanan akan kebutuhan informasi yang diberikannya kepada masyarakat baik dari segi kuantitas maupun kualitas, dalam hal ini termasuk sekolah. Perpustakaan merupakan komponen utama disetiap program pendidikan, pengajaran dan penelitian bagi setiap lembaga pendidikan dan ilmu pengetahuan yang ada dikarenakan merupakan pusat sumber belajar dan informasi. Perpustakaan sering disebut the heart of education program yang artinya jantung dari semua program pendidikan. Maksud dari kalimat tersebut adalah perpustakaan harus menjadi pusat dari semua kegiatan akademis yang ada pada lembaga pendidikannya. Tujuan penelitian ini berusaha untuk memberikan gambaran tentang pemanfaatan koleksi perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan belajar siswa kerena kegiatan belajar tidak hanya ditemukan saat siswa berada didalam ruang kelas saja namun juga saat siswa menggunakan perpustakaan sekolah untuk menemukan informasi dan pengetahuan yang dinginkan. Oleh karena itu perpustakaan sekolah harus dapat menyediakan koleksi-koleksi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe kuantitatif deskriptif. Metodologi penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut : [1]Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, [2]Tipe penelitian deskriptif, [3]Lokasi penelitian berada di SMK Negeri 6 Surabaya, [4]Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling, [5]Instrumen penelitian dengan menggunakan kuisoner, [6]Teknik pengumpulan data dengan menggunakan data primer, data sekunder, observasi, studi pustaka, [7]Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 91/14 Abi p
Uncontrolled Keywords: LIBRARY MATERIALS
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
HEROTITO ABISARWAN, 070810084UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHelmy Prasetyo Yuwinanto, S.Sos, M.KPUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 26 Nov 2014 12:00
Last Modified: 25 Aug 2016 03:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15812
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item