ANALISIS TEKSTUAL IDENTITAS GENDER BINTANG IKLAN PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI DALAM IKLAN PRODUK TEKNOLOGI PONSEL

VETY VERONICA, 071015071 (2014) ANALISIS TEKSTUAL IDENTITAS GENDER BINTANG IKLAN PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI DALAM IKLAN PRODUK TEKNOLOGI PONSEL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-veronicave-34076-7.abstr-k.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15815.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Analisis Tekstual Identitas Gender Bintang Iklan Perempuan dan Laki-laki dalam iklan produk teknologi khususnya iklan ponsel. Adanya kepercayaan dalam masyarakat bahwa teknologi adalah dunianya laki-laki, laki-laki sebagai pencipta teknologi, serta laki-laki adalah makhluk yang paham akan teknologi. Sedangkan perempuan hanyalah sebagai pemakai dan makhluk yang tidak tahu apa-apa tentang teknologi membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Dipilih empat iklan Mito sebagai objek penelitian, Mito merupakan nama salah satu merek besar ponsel yang diproduksi, berkembang, dan diperjualbelikan di Indonesia. Tinjauan pustaka dalam penelitian ini adalah iklan dan gender, konstruksi sosial teknologi, teknologi dan gender, serta analisis tekstual. Metode yang digunakan adalah analisis tekstual Thwaites dengan tipe penelitian kualitatif eksploratif. Unit analisis dari penelitian ini adalah teks, yang meliputi teks narasi (linguistik) berupa bahasa, suara, tulisan. Serta teks gambar (visual), yang berupa gesture, karakter, penampilan, ekspresi, kostum, latar, pengambilan gambar, dan teknik pewarnaan, yang ada pada iklan Mito versi perempuan dan laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identitas bintang iklan perempuan dalam iklan teknologi digambarkan dengan sisi kefeminitasannya dan kehadirannya dalam iklan teknologi bukan sebagai tolok ukur kemajuan perempuan di era modernisme ini. Perempuan dalam iklan masih digunakan sebagai penghias untuk mempercantik produk yang sedang dipromosikan melalui komodifikasi bentuk tubuhnya, dalam konteks teknologi sekalipun. Sedangkan identitas bintang iklan laki-laki dalam iklan teknologi digambarkan dengan sisi maskulinitasnya yang digunakan sebagai pembangun citra tangguh, rasional, pandai terhadap perkembangan teknologi. Hal tersebut semakin mengukuhkan anggapan masyarakat tentang penguasaan teknologi oleh laki-laki dan ketidakpahaman teknologi oleh perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. K. 92/14 Ver a
Uncontrolled Keywords: GENDER; MASCULINITY
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ799.5-799.9 Young men and women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
VETY VERONICA, 071015071UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRachmah Ida, Dra. , M. Comms, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 26 Nov 2014 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 19:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15815
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item