Preferensi Audiens Terhadap Elemen-elemen Iklan TVC produk Teh Pucuk Harum 2013

ZASKIA FARDINA PALUPININGTYAS, 070915020 (2014) Preferensi Audiens Terhadap Elemen-elemen Iklan TVC produk Teh Pucuk Harum 2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-palupining-34140-5.abstr-k.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15822.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Iklan yang ditayangkan di media publik seperti televisi merupakan bentuk kegiatan promosi berkaitan langsung dengan khalayak sebagai audiens sekaligus sebagai objek promosi. Sebagai sebuah sarana promosi iklan selalu berusaha untuk menarik perhatian khalayak dengan pesan-pesan menarik dalam bentuk audio dan/atau visual. Sedangkan khalayak luas sebagai audiens memiliki peran aktif untuk memilih pesan-pesan mana yang akan diterima. Audiens juga terdiri dari berbagai macam latar belakang yang memiliki perbedaan dalam perilaku termasuk perilaku memilihnya. Peneliti tertarik untuk meneliti preferensi audiens terhadap elemen-elemen iklan TVC produk Teh Pucuk Harum 2013. Sehingga perumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana preferensi audiens terhadap tiap – tiap elemen yang ada di dalam iklan TVC produk Teh Pucuk Harum 2013”. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana preferensi audiens terhadap tiap - tiap elemen dalam iklan TVC produk Teh Pucuk Harum 2013. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Selective Influence berkenaan dengan khalayak aktif , komunikasi periklanan, dan preferensi audiens. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penarikan sampel menggunakan teknik multi stage cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan instrumen berupa kuesioner dan didukung dengan teknik wawancara probing. Hasil penelitian ini adalah ditemukan pola preferensi yang berbeda-beda pada audiens dengan berbagai status usia terhadap elemen-elemen iklan TVC Teh Pucuk Harum 2013. Selain itu item-item pada elemen iklan TVC Teh Pucuk Harum yang paling dominan dipilih oleh responden adalah slogan “Rasa Teh Terbaik ada di Pucuknya!” pada elemen written word dengan prosentase sebesar 62%. Elemen gambar yang paling banyak dipilih oleh responden yaitu item “Wajah ketiga ulat menunjukkan ekspresi gembira dengan mata berbinar dan mulut menganga” dengan prosentase sebesar 31%. Elemen spoken word yang paling banyak dipilih oleh responden adalah item “Apapun, demi pucuk!” dengan prosentase sebesar 24%. Elemen music dan sound effect yang paling banyak dipilih oleh mayoritas responden adalah item “sound effect suara burung bersahut-sahutan diiringi dentingan bernuansa harpa” dengan prosentase sebesar 33%. Elemen warna yang paling banyak dipilih oleh responden adalah warna hijau tua dengan prosentase sebesar 32%. Sedangkan elemen movement yang paling banyak dipilih oleh responden adalah elemen movement “Daun Teh di pucuk dahan tumbuh dengan cepat” dengan prosentase sebesar 28%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. K. 96/14 Pal p
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING; AUDIENCES
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
ZASKIA FARDINA PALUPININGTYAS, 070915020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRendy Pahrun Wadipala, ,S. Ikom, MAUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 04 Dec 2014 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 19:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15822
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item