FASHION, IDENTITAS DIRI dan KONSUMERISME (Studi Kajian Budaya Mengenai Fashion, Identitas Diri dan Konsumerisme Pada Remaja akhir di Surabaya)

ARQOMA NURVEDA CARREZA, 070710015 (2014) FASHION, IDENTITAS DIRI dan KONSUMERISME (Studi Kajian Budaya Mengenai Fashion, Identitas Diri dan Konsumerisme Pada Remaja akhir di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-carrezaarq-34145-5.abstr-k.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
148.gdlhub-gdl-s1-2014-carrezaarq-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini akan membahas mengenai Fashion yang membentuk identitas diri remaja dan konsumerisme yang dilakukan para remaja. Penelitian ini dianggap penting oleh peneliti, karena dalam fase remaja adalah fase atau masa dimana proses pencarian jati diri dan pembentukan identitas diri dilakukan untuk dapat mencapai fase dewasa. Penelitian ini memiliki signifikansi bahwa fashion sebagai salah satu alat komunikasi mampu menunjukkan bagaimana identitas diri remaja dibentuk. Pada sisi konsumerismenya akan ditampilkan bentuk-bentuk konsumsi yang dilakukan oleh informan agar tercapai cita-cita membentuk identitas dirinya melalui pakaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif agar data yang disampaikan mampu menunjukkan fakta-fakta yang akurat dan mendalam. Oleh sebab itu penelitian ini menggunakan metode penelitian wawancara in-depth interview. Dari analisis yang dilakukan, peneliti menemukan fakta bahwa fashion mampu membentuk identitas diri remaja dan mampu menghasilkan fakta-fakta mengenai konsumerisme yang terjadi di dalamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. K. 98/14 Car f
Uncontrolled Keywords: FASHION; SELF IDENTITY
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ARQOMA NURVEDA CARREZA, 070710015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia I, , S.Sos,M.Med-KomUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 04 Dec 2014 12:00
Last Modified: 30 Aug 2016 05:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15825
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item