MOTIF MENGGUNAKAN SOCIAL MEDIA PATH PADA MAHASISWA DI SURABAYA

DYANE AULIA DRESTYA, 071015089 (2014) MOTIF MENGGUNAKAN SOCIAL MEDIA PATH PADA MAHASISWA DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-drestyadya-34158-6.abstr-k.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
149.gdlhub-gdl-s1-2014-drestyadya-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Motif Menggunakan Social Media PATH pada Mahasiswa di Surabaya.Path merupakan social media baru yang telah menjadi social media dengan pengguna terbanyak di Indonesia.Teori Uses-andgratifications (U & G) merupakan salah satu teori yang banyak digunakan dalam penelitian tentang penggunaan media. Teori ini memberikan perhatian pada apa yang dilakukan khalayak terhadap media. Untuk mendapat hasil penelitian ini peneliti menggunakan motif Papacharissi dan Rubin yaitu Motif Utility, Motif Passing Time,Motif Seeking Information, Motif Convenience Dan Motif Entertainment , yang berfokus pada new media. Penelitian ini menggunakan metode survey, dengan teknik purposive, sehingga didapatkan kriteria yang sesuai penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah Motif dengan nilai paling tinggi yaitu pada motif Passing Time dengan nilai cukup tinggi yaitu 3.1 yaitu mengenai penggunaan waktu luang, Motif kedua pada Entertaiment dengan nilai 3,0 yaitu social media Path dapat menjadi hiburan bagi gunanya, dan mengepost foto dan mengomentari menjadi sebuah bentuk hiburan bagi mereka. Motif Convenience dengan nilai 2.8 yang menunjukkan bahwa mahasiswa merasa puas dengan menggunakan social media Path, karena fasilitas yang ditawarkan dan kepraktisan yang diusung oleh Path itu sendiri. Motif adalah Seeking Information dengan nilai 2.7 yaitu mengenai mendapatkan Informasi melalui Path, dan mahasiswa mendapatkan informasi mengenai perkualiahannya. Kelima adalah Motif Utility,pada motif yang berhubungan dengan kegunaan dari social media Path hanya mendapat nilai 2.4 ini disebabakan kegunaan dari social media Path tidak terlalu berbeda dengan social media lainnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. K. 100/14 Dre m
Uncontrolled Keywords: SOCIAL MEDIA
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
DYANE AULIA DRESTYA, 071015089UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRendy Pahrun Wadipalapa, , S.IKOMUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 05 Dec 2014 12:00
Last Modified: 30 Aug 2016 08:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15826
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item