MOTIF MEMBACA RUBRIK FOR HER SURAT KABAR JAWA POS PADA PEREMPUAN

RICKY ANDRIANTO WIDODO, 071015012 (2014) MOTIF MEMBACA RUBRIK FOR HER SURAT KABAR JAWA POS PADA PEREMPUAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-widodorick-34163-6.abstr-k.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15831.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian mengenai motif penggunaan media oleh perempuan, khususnya dalam membaca rubrik For Her surat kabar Jawa Pos di Surabaya. Alasan peneliti memilih topik ini adalah karena peran surat kabar saat ini yang cenderung ditinggalkan oleh pembacanya. Hal ini dibuktikan oleh hasil survey Nielsen Media Reserch yang menyebutkan bahwa penggunaan media cetak mengalami penurunan. Sedangkan, hasil survei lain oleh MARS Indonesia, menunjukkan bahwa masih tingginya minat perempuan dalam membaca surat kabar, khususnya Jawa Pos melalui rubrik For Her di Surabaya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk dapat mendeskripsikan motif perempuan dalam membaca rubrik For Her surat kabar Jawa Pos di Surabaya. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications yang beranggapan bahwa khalayak media dianggap aktif dalam menggunakan media berdasarkan motif-motif tertentu yang melatarbelakanginya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif dan metode yang digunakan adalah survey. Pengukuran motif dilakukan dengan menggunakan tabel frekuensi dan tabulasi silang terhadap motif Surveillance, Personal Identity, Personal Relationship, dan Diversion. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teori Uses and Gratifications yang dikemukakan oleh McQuail, Blumler and Brown masih terbukti pada penelitian ini. Perempuan Surabaya dalam membaca rubrik For Her Surat Jawa Pos menyatakan setuju pada keempat jenis motif dengan urutan (dari yang paling dominan hingga yang paling rendah) sebagai berikut: Surveillance, Diversion, Personal Identity, dan Personal Relationship.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. K. 103/14 Wid m
Uncontrolled Keywords: NEWSPAPER; WOMEN
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RICKY ANDRIANTO WIDODO, 071015012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.Med-KomUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 05 Dec 2014 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 19:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15831
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item