ANALISIS DISCOURSE GERAKAN SOSIAL PADA GRUP FACEBOOK ‘SAVE KPK....!!’

ARIFIANA SHIMA EKAPUTRI, 070915003 (2014) ANALISIS DISCOURSE GERAKAN SOSIAL PADA GRUP FACEBOOK ‘SAVE KPK....!!’. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ekaputriar-34168-6.abstr-k.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
152.gdlhub-gdl-s1-2014-ekaputriar-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada reproduksi gerakan sosial pada grup Facebook Save KPK....!!, dengan mengeskplorasi wacana mengenai gerakan sosial melalui analisis wacana Fairclough. Gerakan sosial berarti perlawanan kolektif yang didasari pada kesamaan tujuan dan solidaritas dalam usaha yang berkelanjutan dalam berinteraksi dengan lawan. Sebagai sebuah konstruksi, gerakan sosial pun dapat direproduksi dari dunia ‘nyata’ ke cyberspace, melalui medium Facebook. Reproduksi gerakan sosial pada grup Facebook Save KPK....!! menghasilkan sesuatu yang berbeda dari gerakan sosial yang sebelumnya terjadi pada dunia ‘nyata’. Gerakan sosial pada grup ini menunjukkan hasil reproduksinya dalam hal partisipasi, ikatan, agensi, solidaritas serta perlawanan yang dilakukan. Kesimpulan tersebut didapat dari analisis yang dilakukan terhadap fitur, mekanisme, serta wacana yang terdapat pada grup tersebut selama durasi waktu penelitian. Berdasarkan hasil analisis, penulis menemukan bahwa gerakan sosial pada grup Facebook Save KPK....!!: telah mengalami reduksi dari aktivisme menjadi slack-tivisme, menjadi salah satu bentuk komunitas virtual dimana ikatan antar anggotanya bersifat lemah, menunjukkan agensi subjek terkait subjektivitas dan identitas dirinya, didasari oleh solidaritas mengenai nasionalisme, serta menjadi sarana menyuarakan kritik dan collective challenge dimana perlawanannya cenderung bersifat agresif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. K. 107/14 Eka a
Uncontrolled Keywords: CYBERSPACE; SOCIAL MEDIA
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
ARIFIANA SHIMA EKAPUTRI, 070915003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKandi Aryani S, , S.Sos.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 05 Dec 2014 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 02:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15834
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item