WACANA KECANTIKAN PEREMPUAN DALAM TEKS GAYA HIDUP VEGETARIAN PADA MEDIA ONLINE VEMALE.COM

MEGA MEILYA ALIF, 071015047 (2014) WACANA KECANTIKAN PEREMPUAN DALAM TEKS GAYA HIDUP VEGETARIAN PADA MEDIA ONLINE VEMALE.COM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-alifmegame-34170-5.abstr-k.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
153.gdlhub-gdl-s1-2014-alifmegame-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus dari penelitian ini adalah wacana kecantikan perempuan dalam teks gaya hidup vegetarian pada media online Vemale.com, yakni sebuah situs media yang dikhususkan bagi para wanita. Penulis menggunakan metode critical discourse analysis milik Theo van Leeuwen untuk menganalisis empat teks yang masing-masing berjudul: Hasil Menakjubkan Gaya Hidup Vegetarian, 5 Selebritis Yang Menjalani Vegetarian Agar Tetap Langsing, 5 Makanan Detoks Bagi Vegetarian Agar Tetap Cantik dan Diet Vegetarian Untuk Wanita Yang Fashionable. Dengan begitu penulis dapat melihat konsep kecantikan seperti apa yang sebenarnya ditawarkan oleh gaya hidup vegetarian, serta melihat kemungkinan adanya aktor sosial atau kelompok tertentu yang dimarjinalkan keberadaannya. Kajian pustaka yang digunakan di dalam penelitian ini meliputi Media Online: Digitalisasi Informasi, Image Perempuan dalam Media Massa, Gaya Hidup sebagai Simbol Identitas, Konsep Kecantikan Perempuan, Kapitalisme dan Budaya Populer, serta Analisis Wacana Kritis milik Theo van Leeuwen. Hasil daripada penelitian ini adalah bahwa identitas perempuan yang ditampilkan adalah identitas perempuan modern dan identitas perempuan kelas menengah atas. Konsep kecantikan yang ditawarkan oleh keempat teks tersebut adalah awet muda, bentuk tubuh ideal, serta kulit yang cerah. Sehingga dari kedua hal tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa kelompok perempuan yang dimarjinalkan posisinya adalah mereka yang tidak memiliki identitas sebagai perempuan modern dan perempuan yang tidak berasal dari kelas menengah atas. Selain itu, kelompok yang termarjinalkan posisinya adalah kelompok perempuan yang tidak memenuhi konsep kecantikan tersebut, yakni berpenampilan awet muda, memiliki bentuk tubuh ideal, serta memiliki kulit yang cerah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. K. 108/14 Ali w
Uncontrolled Keywords: BEAUTY; VEGETARIANISM
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950-979 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MEGA MEILYA ALIF, 071015047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKandi Aryani S, , S.Sos.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 05 Dec 2014 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 02:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15835
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item